Aplikasi Koran Gusur Koran

Monaco – Kepala News Corp. untuk wilayah Eropa dan Asia, James Murdoch mengatakan penjualan aplikasi koran untuk perangkat elektronik, seperti Apple iPad menggusur bisnis koran konvensional.

Pada Juni lalu, News Corp menutup layanan berita, The Times yang bisa diakses secara bebas dari situs di London. Selain Times, beberapa media massa lainnya yang juga dimiliki News Corp. adalah Sunday Times dan tabloid terlaris di Inggris Sunday. Media massa yang dapat diakses secara online itu kini tidak gratis lagi.

Dengan ditutupnya akses gratis melalui situs tersebut, News Corp Inggris kehilangan hingga 90 persen pembaca online mereka. Sebaliknya, tercatat 105 ribu pelanggan yang telah membeli aplikasi koran supaya dapat membaca berita yang disajikan media massa ‘berbendera’ News Corp. melalui gadget eReader maupun Apple iPad.

Menurut anak dari Rupert Murdoch, Chief Executive Officer (CEO) News Corp, saat ini industri koran tengah mencari model bisnis baru dalam era digital. Banyaknya situs yang menyajikan berita secara gratisan membuat media massa mengalami ‘krisis’ pembaca dan menurunkan pendapatan iklan.

Adapun ayahnya, Rupert Murdoch mengatakan harusnya industri koran berterima kasih kepada Apple iPad. Pasalnya, penjualan aplikasi koran pertama kali dilakukan pada perangkat komputer tablet iPad dan itu mengakibatkan perubahan pola bisnis koran konvensional.

Sebagaimana ayahnya, James Murdoch juga menyambut baik peluang untuk menjual aplikasi koran melalui toko aplikasi Apple, iTunes App Store meskipun aplikasi tersebut mengambil 30 persen pendapatan perusahaan penerbitan.

Baca Juga :  Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar

“Kami memilih menggunakan aplikasi koran karena bebas friksi,” kata James Murdoch. Menurut dia, terlalu banyak ongkos yang dikeluarkan untuk penjaga toko koran dan agen padahal mereka belum tentu memperjualbelikan koran dengan baik. Namun demikian, pembaca melalui aplikasi koran juga cukup berbahaya karena bisa mematikan pangsa pasar koran konvensional. “Inilah yang menggusur pasar koran versi cetak,” katanya.

Aplikasi koran mulai tersedia di toko aplikasi Apple, iTunes dan bisa diakses 7,5 juta unit iPad yang telah dijual sejak akhir September lalu. (tempointeraktif.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*