Arus Mudik Lebaran 2011 – Sudah 71 Pemudik Tewas Di Sumut

MEDAN – Kepolisian Daerah Sumatera Utara mencatat jumlah korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik dan balik Idul Fitri 1432 Hijriah sebanyak 71 orang hingga H+3 Lebaran 2011.

“Jumlah itu hasil pemantauan dan pendataan polisi dalam Operasi Ketupat Toba 2011,” kata Kepala Sub Bidang Pengelola Informasi dan Data Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Ia mengatakan, petugas posko Lebaran yang berpusat di kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut menemukan jumlah korban tewas itu setelah melakukan pemantauan dalam Operasi Ketupat Toba sejak 23 Agustus 2011.

Dalam pemantauan tersebut diketahui telah terjadi 169 peristiwa kecelakaan lalu lintas di Sumut dengan korban jiwa sebanyak 71 orang.

Selain menimbulkan korban tewas, peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut juga menyebabkan 118 orang mengalami luka berat dan 199 orang menderita luka ringan.

Jika diperbandingkan dengan periode yang sama tahun 2010, kata dia, jumlah korban tewas tersebut meningkat 26,78 persen, korban luka berat meningkat 78,78 persen, dan korban luka ringan melonjak dratis hingga 158,4 persen.

Sedangkan kerugian materi dalam kecelakaan itu diperkirakan mencapai Rp425 juta lebih, katanya, tanpa menyebutkan jumlah korban pada tahun 2010.

Nainggolan menambahkan, dalam 12 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2011 itu, pihak kepolisian juga telah menemukan 8114 kasus pelanggaran peraturan berlalu lintas.

Baca Juga :  Copot Pejabat yang Mencalon Wali Kota!

Dari jumlah pelanggaran itu, petugas memberikan penindakan berupa penilangan sebanyak 4.832 kali, terutama untuk pelanggaran yang dianggap berat.

Sedangkan 3.282 kasus pelanggaran lainnya hanya diberikan teguran agar tidak mengulangi kesalahannya, kata mantan Kapolres Nias itu.

Menurut catatan Polda Sumut, dikerahkan 2.719 personel dan disiapkan 106 pos pengamanan dalam Operasi Ketupat Toba 2011 untuk mengamankan perayaan Lebaran 1432 Hijriyah.

Menurut AKBP MP Nainggolan, jumlah personel itu terdiri atas 299 personel Polda Sumut dan 2.420 personel dari berbagai satuan wilayah.

Adapun 106 pos pengamanan yang disiapkan itu tersebar di seluruh daerah untuk membantu arus mudik dan arus balik dalam perayaan hari besar keagamaan tersebut.

Selain itu, untuk membantu proses transportasi yang akan dilakukan masyarakat, Polda Sumut juga menyiapkan 35 pos pelayanan yang akan melibatkan sejumlah petugas kesehatan.

“Mereka akan membantu masyarakat yang mungkin membutuhkan bantuan kesehatan,” katanya.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*