AS Ujicoba Antisipasi Perang Cyber

Gara-gara ancaman virus Stuxnet, pemerintah AS langsung mengumpulkan ribuan hacker untuk membantu mengamankan fasilitas negara.

Ribuan personel yang ahli di bidang keamanan internet dari lintas departemen pemerintahan maupun industri di AS ikut ambil bagian dalam ajang Cyber Storm III yang digelar Departemen Pertahanan dan Keamanan AS. Acara ini berlangsung selama empat hari sejak Selasa, 28 September 2010.

Dilansir melalui Straits Times, Rabu (29/9/2010), tujuan penyelenggaran ini adalah meningkatkan kewaspadaan yaitu dengan cara memeriksa respons terhadap insiden dan meningkatkan pemerataan informasi antara pemerintah, negara, mitra international dan sektor swasta.

“Pada intinya, event ini adalah tentang ketahanan. Kami ingin menguji kemampuan bangsa untuk mengatasi hal terburuk yang akan terjadi akibat perang cyber ini, baik kehilangan dan kerusakan yang ditimbulkan,” ujar pihak Dephan AS di National Cybersecurity and Communications Integration Center milik Dephan yang terletak di Arlington, Virginia, AS.

Uji coba dan simulasi ini merupakan hal baru yang telah dikembangkan oleh Unit Tanggap Darurat Insiden Cyber, sebuah tim koordinasi yang dibentuk berdasarkan perintah Presiden Barack Obama. (srn)

Sumber  : http://techno.okezone.com/read/2010/09/28/55/376999/as-ujicoba-antisipasi-perang-cyber

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*