Asia Tenggara Berpeluang Gelar Piala Dunia 2030

TEMPO Interaktif, Bangkok – Negara-negara di Asia Tenggara berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Hajatan ini akan mempersatuan ASEAN.
Badan sepak bola dunia FIFA masih memberikan kesempatan kepada sejumlah negara, termasuk anggota Federasi Sepak Bola Regional Asia Tenggara (AFF) menjadi tuan rumah, setelah Argentina dan Uruguay menyatakan berminat jadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Oleh sebab itu, negara-negara anggota AFF akan membentuk sebuah komite yang bertugas mempromosikan penawaran. Tugas lainnya adalah menyiapkan jalur penerbangan regional menuju fasilitas pertandingan, jelas Menteri Luar Negeri Mlaysia Datuk Seri Anifah Aman kepada kantor berita Bernama.

“Itu menjadi faktor persatuan bangsa-bangsa ASEAN jika kami bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia,” ujarnya usai mengikuti pertemuan menteri-menteri luar negeri ASEAN, Senin (11/4).

Proposal lamaran menjadi tuan rumah Piala Dunia akan melibatkan 11 anggota AFF karena di dalamnya menyangkut masalah logistik dan keuangan.

“Kami rasa jika kami mengajukan tawaran gabungan, kami akan bebagi fasilitas sehingga mengurangi biaya,” kata menteri luar negeri Singapura George Yeo kepaa koran Today.

“ASEAN itu luas, akan menjadi besar seperti Brazil atau Amerika Serikat, dan jika mereka bisa jadi tuan rumah, kami pun bisa.”

Piala Dunia 2014 akan berlangsung di Brazil, disusul oleh Rusia 2018, dan Qatar pada 2022.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Stoner Kalahkan Pedrosa, Rossi Ketiga

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*