Asian Games XVI – Indonesia Penuhi Target

Asian Games 2010 telah berakhir. Indonesia berhasil memenuhi target minimal dalam hal perolehan emas sekaligus memperbaiki prestasinya. Seperti apa kiprah tim Merah Putih di Guangzhou?

Indonesia mengakhiri AG 2010 dengan finis di peringkat ke-15. Kontingen Merah Putih membawa pulang empat emas, sembilan perak, dan 13 perunggu. Indonesia finis di peringkat ke-15 klasemen akhir.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menpora Andi Mallarangeng mengatakan bahwa target minimum dalam perolehan medali emas sudah tercapai. Selain itu secara peringkat juga sudah jauh lebih baik dibanding Asian Games 2006.

Medali pertama Merah Putih di Guangzhou diraih dari cabang wushu lewat atlet asal Yogyakarta, Ardelia Ivana Irmanto. Sementara itu medali terakhir diraih tim putra sepak takraw.

Tiga dari empat emas bagi Indonesia dipersembahkan oleh tim putra perahu naga. Ada pun tim putri perahu naga mendulang tiga perak. Dragon boat menjadi cabang dengan sumbangan medali paling banyak yakni enam.

Satu emas lagi disumbangkan dari cabang andalan yaitu bulu tangkis dengan Markis Kido/Hendra Setiawan sebagai peraih gold medal.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di urutan ketiga di belakang Thailand dan Malaysia yang menghuni posisi 9 dan 10. Thailand mengoleksi 11 emas, sembilan perak, 32 perunggu. Sementara Malaysia 9 emas, 18 perak, 14 perunggu.

Daftar Perolehan Medali Indonesia di lima Asian Games Terakhir

Baca Juga :  Kadishub dan Kesbanglinmas Kab. Mandailing Natal Bantu Pasien Kritis dengan Mendonorkan Darah

Tahun – Medali
2010: 4 emas, 9 perak 13 perunggu
2006: 2 emas 4 perak 14 perunggu
2002: 4 emas 7 perak 12 perunggu
1998: 6 emas 10 perak 11 perunggu
1994: 3 emas 12 perak 11 perunggu.

(detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*