ATLET SUMUT DIHARAPKAN TAMPIL MEMBELA MERAH PUTIH DI ASIAN GAMES

Delapan atlet Sumatera Utara yang kini mengikuti pemusatan latihan nasional Asian Games (AG) XVI pada 18- 28 November 2010 di Guangzhou, China, diharapkan bisa membela bendera Merah Putih di ajang olah raga negara-negara Asia itu.

Harapan tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Sumut, Gus Irawan melalui Wakil Ketua II, Prof Agung Sunarno, di sekretariat KONI Sumut, Kamis.

Kedelapan atlet Sumut yang tengah menjalani Pelatnas itu, yakni Basuki Nugroho (taekwondo), Indra Gunawan (renang), Donny Dharmawan, Jintar Simanjuntak dan Tantry Widyasari (karate), Aldy Lukman, Heriyanto, Lindswell (wushu).

Kemudian satu pelatih wushu, Sandry Liong (pelatih taolu). Selain atlet, terdapat satu pelatih yang bertarung di ajang Asia tersebut.

Di samping itu, ada beberapa atlet yang mengikuti Pelatnas SEA Games XXVI/2011 di Jakarta di antaranya, Dian Rahmayati dari anggar, Zulkarnaen Purba (atletik) dan dua petinju putri Rumiris Simarmata dan Nurmala Dewi. Disebutkan, atlet yang dipanggil mengikuti Pelatnas Asian Games berdasarkan surat dari pengurus besar/pengurus provinsi yang diterima KONI Sumut.

Basuki Nugroho dipanggil mengikuti Pelatnas Asian Games 2010 dan SEA Games 2011 berdasarkan surat dari PB TI pada 23 Juni 2010. Demikian juga dengan tujuh atlet dari cabang renang, karate dan wushu.

KONI Sumut berharap duta-duta olah raga Sumut tersebut nantinya dapat menorehkan prestasi menggembirakan pada parhelatan negara-negara Asia.

Baca Juga :  Denmark Open Super Series Indonesia Pulang Tanpa Gelar

Mereka yang dipanggil sudah memiliki prestasi membanggakan di tingkat Asia Tenggara (SEA Games) 2009 di Laos.
Agung Sunarno menambahkan, atlet yang dipanggil mengikuti Pelatnas Asian Games kini fokus latihan dan di antaranya berlatih intensif di luar negeri seperti perenang Indra Gunawan yang berlatih di Hongaria.

Bahkan, sebutnya, Indra Gunawan yang berhasil memecahkan rekor SEA Games Laos/2009 dengan catatan waktu 03.41.72 detik, atau lebih cepat dari perenang Malaysia yang juga pernah membukukan rekor pada 3 Agustus 1997 dengan catatan waktu 03.45.61 detik, sekarang ini ditangani pelatih Hongaria, Sandor Ban. “Kita berharap Indra Gunawan meraih medali emas di Asian Games Ghuangzhou,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum PRSI Sumut, Rudi Rinaldi menyebutkan, Indra Gunawan berlatih di sebuah kota bernama Hodmezovasarhely. Kota ini cukup sepi dan penduduknya tidak begitu banyak. Namun, kata dia, udaranya cukup bagus dan bersih sehingga warga yang tinggal di kota itu tetap hidup sehat.  Kota itu memang pantas sebagai tempat tinggal bagi atlet yang sedang berlatih.

Pada SEA Games 2009 di Laos, Indra Gunawan meraih medali emas (gaya ganti putra) dan medali perak (100 meter gaya dada putra). (Ant/y)

Sumber: http://hariansib.com/?p=132841

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Owen: Jangan Senang Dulu, Chicharito!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*