Awas…! Aek Latong Masih Rawan Longsor & Macet

Polres Tapanuli Selatan memprioritaskan pengamanan jalur Aek Latong saat arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1432 H. Apalagi jalur tersebut rawan bencana alam seperti longsor khususnya saat musim penghujan dan macet. Kapolres Tapsel AKBP Subandrya melalui Kasat Lantas AKP SL Widodo kepada METRO, Kamis (18/8) menjelaskan, untuk jalur Aek Latong akan mendapatkan prioritas lebih di mana akan didirikan pos pengamanan (PAM) seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu akan ditempatkan sejumlah personel Satlantas yang akan dibantu tim dari Pemkab Tapsel seperti Dishub, Satpol PP, Dinkes, PU dan lainnya.

Pengamanan di jalur Aek Latong akan dilaksanakan mulai H-10 dan H+10, dan akan memberikan pelayanan kepada pemudik selama 24 jam. “Khusus lokasi jalur Aek Latong ini setiap tahunnya selalu menjadi prioritas. Makanya tahun ini juga mendapatkan perhatian khusus, apalagi baru saja terjadi kecelakaan di jalur ini,” katanya.

Adapun pos PAM yang rencananya akan didirikan yakni di Pos I di Halongonan (Paluta), Pos II di Sipirok, Pos III di Parsariran Kecamatan Batang Toru, Pos IV di Aek Sijornih Kecamatan Batang Angkola (Tapsel), dan Pos V di Hutaraja Tinggi dan Sosa (Palas). Target operasi yakni memberikan pelayanan simpatik kepada masyarakat dan meminimalisir terjadinya lakalantas.

“Soal berapa jumlah personel yang akan ditempatkan, masih akan kita rapatkan nantinya bersama pemerintah daerah setempat seperti Pemkab Tapsel, Palas dan Paluta,” jelasnya. Lebih lanjut disebutkan Widodo, untuk daerah rawan longsor selama arus mudik Idul Fitri di wilayah Tapsel, Polres bersama instansi terkait telah menyiapkan sejumlah alat berat. Sehingga para pemudik baik yang masuk maupun keluar melintasi wilayah hukum Polres Tapsel tetap merasa lancar dan nyaman selama dalam perjalanan mudik. Khusus kepada para pemudik, Widodo mengimbau agar pengendara kendaraan bermotor ekstra hati-hati selama perjalanan dan melengkapi surat-surat kendaraannya. Jika lelah selama dalam perjalanan agar beristirahat di pos PAM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Kakan Malaria Madina: Tim Terpadu Harus Percepatan Eliminasi Malaria

Widodo kembali mengingatkan kepada calon pemudik sebelum melangsungkan perjalanan baik kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk terlebih dahulu mempersiapkan kelayakan dan kelengkapan kendaraannya agar nyaman dan selamat. Kemudian mematuhi rambu-rambu lalulintas, menggunakan pengaman kepala atau helm. Dan yang terpenting lagi, menurutnya, jangan mengebut membawa kendaraan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Sementara khusus untuk Tapsel, seperti tahun sebelumnya akan membuka pos PAM lebaran di tiga titik yang selama ini dianggap rawan bencana alam dan longsor yang bisa mengakibatkan kemacetan dan juga lokasi yang dianggap rawan kecelakaan. Apalagi lokasi tersebut ramai dilintasi para pemudik. Seperti di Parsariran Kecamatan Batang Toru, Aek Sijorni Kecamatan Sayurmatinggi, dan jalur Aek Latong Kecamatan Sipirok yang akan mendapatkan perhatian khusus. “Pos PAM lebaran yang ada di tiga titik ini merupakan langganan kemacetan dan lakalantas sesuai pengalaman kita pada tahun-tahun sebelumnya. Makanya didirikan pos pam di tiga titik itu,” ungkapnya.

Masih dikatakan Widodo, para pengendara diminta berhati-hati di beberapa titik jalan yang rawan lakalantas. Seperti di jalur Aek Latong Sipirok perbatasan antara Tapsel-Taput, Batang Toru perbatasan antara Tapsel-Tapteng, Nabundong perbatasan antara Tapsel-Paluta, Sayurmatinggi perbatasan antara Tapsel-Madina. Sebab,  meskipun kondisi jalan di lokasi tersebut relatif bagus, namun banyak tikungan tajam serta jurang.

Metrosiantar.com

 

 

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  DPO Kasus Dugaan Korupsi Rp219 Juta - Kejaksaan Cium Jejak Mantan Bendahara DinkesPadang Lawas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*