Awas, Situs Segel Keamanan Palsu

TEMPO Interaktif, JakartaCyber crime atau kejahatan di dunia maya semakin memprihatinkan dan terorganisasi. Kini ada modus baru yang patut diwaspadai. Symantec, perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak, menemukan sebuah situs phishing yang memakai trik baru.

Caranya dengan menyamar sebagai sebuah perusahaan software terkenal dan menawarkan produk software tersebut dengan harga miring. Selain itu, ini yang lebih berbahaya, dengan membuat situs phishing di hosting nama domain baru yang terindeks dalam beberapa mesin pencari terkenal dan dengan peringkat halaman tinggi.

Halaman phishing juga berisi segel keamanan palsu di bagian bawah halaman. Biasanya pengunjung diminta memasukkan informasi tagihan, informasi pribadi, dan perincian kartu kredit untuk melengkapi pembelian. Jika hal tersebut dilakukan, dipastikan pengunjung situs tersebut menjadi korban phishing, yakni pencurian informasi pribadi dan penting oleh penyerang untuk meraih keuntungan.

Agar Anda tidak menjadi korban situs phishing silakan kunjungi dan buka tautan berikut: http://www.symantec.com/connect/blogs/fake-offers-fake-trust-seals. Berikut ini beberapa saran untuk menghindari menjadi korban serangan phishing.

1. Tidak mengklik pada link mencurigakan dalam pesan e-mail.

2. Hindari memberikan informasi pribadi saat menjawab e-mail.

3. Jangan pernah memasukkan informasi pribadi pada halaman atau layar pop-up (halaman yang muncul secara tiba-tiba).

4. Saat memasukkan informasi pribadi atau finansial, pastikan situs tersebut terenkripsi dengan sertifikat SSL dengan melihat pada padlock, ‘https’, atau address bar yang berwarna hijau.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*