Awas, Terlalu Lama Tidur Siang Tingkatkan Risiko Diabetes

Tidur siang (Google)
Tidur siang (Google)

Tidur siang baik bagi kesehatan. Namun perlu diingat tidur siang tidak disarankan terlalu lama.

Penelitian terbaru menyebutkan tidur siang lebih dari satu jam bisa meningkatkan risiko diabetes tipe dua dan penyakit lainnya sekitar 45 persen. Kendati begitu, peneliti mencatat tidur kurang dari 40 menit tak berhubungan dengan risiko diabetes.

“Ini bisa berarti bahwa, tidur siang terlalu lama bisa menyebabkan diabetes atau penyakit lain adalah benar,” ujar peneliti dari Unit Epidemiologi Kanker dari University of Oxford, Benjamin Cairns, sebagaimana dilansir Antara dari Medical Daily, Minggu (18/9/2016).

Mereka yang menderita diabetes tidak dapat mengatur kadar gula mereka layaknya orang sehat. Penyakit ini berhubungan dengan berat badan berlebih dan gaya hidup. Selain itu, sejumlah faktor seperti diet, usia dan jenis kelamin bisa meningkatkan risiko orang terkena diabetes. Jika tak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung dan kematian dini.


Solopos.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*