Ayam Potong Rp23 Ribu per Kg Di Madina

MADINA- Sekitar dua pekan menjelang Ramadan, harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Madina merangkak naik. Diperkirakan harga tersebut akan terus naik hingga bulan suci tiba. Harga ayam potong bertahan di kisaran Rp23 ribu per kilogram. Padahal, harga sebelumnya Rp21 ribu per kilogram atau naik sekitar Rp2 ribu per kilogram.

Ilman (28) seorang pedagang ayam potong di Pasar Baru Panyabungan, kepada METRO mengatakan, harga ayam potong memang selalu naik menjelang bulan puasa. Harga ini sesuai dengan harga modal. Artinya bukan pedagang atau pengecer yang menetapkan  harga ayam potong ini.  ”Bukan kami yang membuat harganya naik, kami juga tak tahu pasti karena modal kami juga naik,” tutur Ilman.

Diceritakan Ilman, harga ayam potong selalu naik apabila memasuki bulan puasa seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Dan harga itu naik hingga masuk tahun baru dan akan turun kembali usai perayaan tahun baru. “Biasanya harga mulai naik menjelang puasa dan normal kembali usai perayaan tahun baru,” tambahnya.

Semantara itu, Linda (40), warga Sipolupolu Panyabungan yang bekerja sebagai pengusaha warung makan di Panyabungan, menambahkan, harga ayam potong selalu naik sesaat menjelang puasa. Maka ia tak kaget dengan kenaikan sejumlah bahan pokok makanan terutama ayam potong ini. Jadi, untuk menyeimbangkannya terpaksa ia menaikkan tarif makan nasi ramas dari Rp9 ribu menjadi Rp 10 ribu.

Baca Juga :  Polemik Lahan di Kebun Sosa 1 - PTPN IV Duduk Satu Ruangan dengan Masyarakat

“Sudah kebiasaan kalau menjelang puasa hingga lebaran harga kebutuhan pokok naik, termasuklah ayam potong ini, tetapi kami yang bekerja warung makan cuma bisa menaikkan harga nasi ramas itupun hanya naik sedikit,” ujarnya.
Hanya saja, sejumlah masyarakat berharap supaya harga bahan pokok ini bisa dikontrol atau diawasi sehingga kenaikannyaa tidak meresahkan warga apalagi. “Maunya pemerintah tetap melakukan pengawasan dan kalau bisa sering melakukan operasi pasar supaya harga ini tetap stabil,” sebutnya. (wan)

Metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*