BADAN SUNGAI BARUMUN AMBROL – 800 Jiwa Terancam Kehilangan Tempat Tinggal

Brombang BADAN SUNGAI BARUMUN AMBROL 800 Jiwa Terancam Kehilangan Tempat Tinggal
Sungai Barumun

Sekitar 800 jiwa warga Desa Tapian Nauli dan Desa Simanuldang Jae, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas), terancam kehilangan tempat tinggal, bila Pemkab Palas tidak segera menanggulanginya.

Pasalnya, badan Sungai Barumun sudah berada lebih kurang 20 meter di belakang perumahan warga. Pengakuan warga Desa Tapian Nauli Borlian Harahap saat ditemui Global di kediamannya, kemarin, mengaku sejak lima tahun terakhir ini bila Sungai Barumun banjir selalu mengarah ke pemukiman warga.
Dikatakannya, tidak kurang 10 hektar tanah perumahan warga yang hanyut terbawa derasnya amukan Sungai Barumun. “Tentu bila hal ini tidak secepatnya ditanggapi pemerintah kami (warga-red) akan kehilangan tempat tinggal,” ujar Borlian, mewakili warga.
Camat Kecamatan Ulu Barumun Drs Ali Amri Hasibuan ketika dikonfirmasi Global, mengakui keadaan Desa Tapian Nauli dan Desa Simanuldang Jae sangat memprihatinkan. Diakui sungai Barumun bila banjir diyakinkan akan mengancam puluhan rumah warga.
Dijelaskan, sebelumnya tahun 2007 pemerintah Tapanuli Selatan pada saat itu sudah pernah membangun dek dan beronjong penanggulangan banjir, namun dikatakannya volume serta ukurannya tidak seimbang dengan panjangnya lokasi perumahan warga yang terancam.
Lebih lanjut Ali Amri menjelaskan, pemerintah kecamatan melalui Musrenbang Desa telah sepakat memprioritaskan pengusulan  pembangunan penanggulangan bahaya banjir khususnya untuk kedua desa tersebut mendapat persetujuan dari Pemkab Palas.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Satpol PP Tertibkan Kendaraan Dinas di Pemkab Madina

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*