Bahan-bahan Dapur Penghalau Sembelit

Sering sulit buang air besar bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Meski di pasaran beredar banyak produk obat pencahar, tetapi sebenarnya kita bisa menghilangkan gangguan ini dengan bahan makanan rumahan.

1. Biji wijen
Komposisi minyak dalam biji wijen akan bekerja untuk melembabkan saluran cerna. Hal ini tentu bisa lebih melancarkan buang air besar jika penyebab utamanya adalah tinja yang kering. Tambahkan biji wijen dalam sereal atau kue-kue. Anda juga bisa mencampurkannya dengan bubuk kopi. Cara sederhana mengatasi sembelit dengan biji wijen ini sejak lama dipercaya oleh orang Tiongkok dan Amish.

2. Serat
Serat bekerja seperti pembersih pipa, ia akan menggosok sisa makanan dan partikel dari saluran pencernaan. Agar BAB selalu lancar, konsumsi 20-35 gram serat setiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, oatmeal, sayuran, dan juga buah-buahan. Jangan lupa minum cukup air agar tinja lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

3. Teh jahe
Campurkan jahe atau daun mint dalam cangkir teh Anda. Mint mengandung menthol yang akan merilekskan otot saluran cerna, sementara jahe akan “menghangatkan” dan mempercepat kerja organ pencernaan. Air hangat dalam teh juga akan merangsang usus-usus.

4. Lemak sehat
Minyak zaitun, kacang-kacangan, dan juga alpukat mengandung lemak sehat. Jenis lemak ini membantu melumasi saluran cerna.

5. Air lemon
Asam sitrat dalam perasan air jus akan merangsang sistem pencernaan dan membantu membuang toksin dari tubuh. Minumlah air lemon setiap pagi atau tambahkan dalam segelas teh.

Baca Juga :  Ini 4 cara unik bikin anak suka makan sayur

6. Kopi
Kopi akan merangsang usus besar dan mempercepat rasa mulas. Jika tidak suka kopi, ganti dengan teh herbal atau air hangat yang dicampur perasan lemon atau madu. Kopi juga bersifat diuretik sehingga Anda harus minum air putih lebih banyak dari biasanya agar sembelit tak menjadi parah.

7. Kismis
Kaya akan serat, kismis juga mengandung asam tartarik yang memiliki efek pencahar.  / KOMPAS.com –

Sumber :Readers Digest

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*