Balawan Lesehan di Madison

Dalam rangka tur pertamanya di AS, I Wayan Balawan (37), sejak Selasa (8/3/2011) sore waktu setempat sudah berada di Madison, Wisconsin. Di kota ini, Balawan bersama I Nyoman Suarsana dan I Nyoman Suwida, dua pemain gamelan Bali dari Batuan Ethnic Fusion, grup yang dibentuk oleh Balawan di Bali pada 1997, akan mengadakan pertunjukan pada Rabu (9/3/2011) malam waktu setempat.

Kedatangan Balawan dan dua rekan bermusiknya tersebut disambut oleh R Anderson Sutton atau Andy, profesor etnomusikologi dan pengarah ensembel gamelan Jawa di University of Wisconcin (UW) Madison School of Music, Todd Hammes, dan sejumlah mahasiswa yang bergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di AS (Permias) Madison.

Di ruang belajar dan berlatih gamelan Jawa di perguruan tinggi tersebut, Balawan dan kawan-kawannya disuguhi aneka masakan Indonesia—sebut saja opor ayam, rendang sapi, dan ayam panggang—oleh para mahasiswa yang sedang menjalani kuliah di universitas itu. Cuma, minumannya minuman ringan bersoda.

Gitaris I Wayan Balawan (berjaket coklat muda) menyantap hidangan Indonesia sambil berlesehan bareng para tuan rumah di University of Wisconsin-Madison School of Music, Selasa (8/3/2011) malam waktu lokal.

Mereka menyantap hidangan tersebut bukan di meja makan, melainkan dengan berlesehan di atas karpet dan bantal duduk yang biasa digunakan untuk bermain gamelan Jawa di ruang tersebut. Mereka berbincang-bincang akrab di ujung musim dingin bersalju di Wisconsin. Ada saja yang jadi bahan pembicaraan mereka, dari soal unjuk rasa hampir sebulan oleh para pekerja terhadap kebijakan Gubernur Wisconsin Scott Walker hingga mengenai kerinduan para anggota Permias Madison tersebut akan martabak, meskipun di Madison ada piza lezat dari Ian’s Pizza.

“Anggap saja ini selamatan, semoga besok semua lancar,” ucap Andy, yang bisa berbahasa Indonesia, karena sejak 1973 telah sejumlah kali mengadakan penelitian di Tanah Air mengenai musik Indonesia, khususnya di Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  10 Video YouTube Paling Banyak Ditonton

Dijadwalkan, Balawan akan tampil bersama Suarsana dan Suwida di Eastman Organ Recital Hall, UW-Madison School of Music, Rabu (9/3/2011) malam waktu setempat. Mereka akan menyuguhkan musik fusion mereka, jazz dengan musik etnik Bali. Mereka juga akan didukung oleh dua pemain musik setempat, Todd dan Nick Moran (bas). (kompas.com)

POST ARCHIVE: This content is 7 years old. Please, read this content keeping its age in Mind

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*