Bandara Binaka Nias Layak Dikembangkan

(Analisa/istimewa) MENJELASKAN: Kepala Bandara Binaka Nias Banggas Silitonga menjelaskan master plan Bandara binaka kepada Parlindungan Purba di landasan pacu Binaka Nias,belumlama ini.

Nias, Bandara Binaka Nias sangat layak dikembangkan. Hal ini disampaikan  Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, saat meninjau Bandar Udara Binaka Nias , Jumat (17/07). Parlin didampingi oleh Kepala Bandara Binaka Banggas Silitonga.

Banggas menjelaskan terkait rencana pengembangan bandara di mana saat ini terdapat 8 kali jadwal penerbangan di bandara tersebut setiap harinya.  Dia juga mengatakan bahwa pembenahan fasilitas penunjang pelayanan publik, dilakukan secara bertahap. Pihak otoritas bandara sedang menyusun masterplan penataan Bandara Binaka.

Dijelaskan, tahun 2015 pembenahan fasilitas bandara dengan dana Rp 17 miliar dan pembenahan terminal dengan dana Rp 5 miliar. Untuk landasan anggarannya sudah ada Rp 27 miliar namun harus diuji oleh tim ahli dulu. Program pembangunan yang disusun dalam masterplan baru mulai dilaksanakan tahun 2016. Penyusunan masterplan dilakukan agar pembangunan Bandara Binaka ke depan lebih terarah.

Dalam masterplan katanya, juga ada program pembangunan landasan pacu pesawat jangka pendek. Untuk program jangka pendek yang dimulai tahun 2016 landasan pacu diperpanjang menjadi 2.500 meter. Untuk program jangka panjang landasan pacu akan diperpanjang lagi menjadi 3.000 meter sehingga pesawat berbadan besar jenis Boeing 737 bisa mendarat.

Sambut Baik

Baca Juga :  Aceh dan Sumut Masih Terancam Krisis Listrik

Parlindungan menyambut baik serta mendukung upaya perbaikan Bandara Binaka. Dia juga mengatakan akan menyurati Menteri Perhubungan dan instansi terkait untuk mendorong percepatan pembangunan Bandara Binaka. “Setelah reses, kami akan agendakan bertemu dengan Menteri Perhubungan dalam rangka percepatan pengembangan bandara Binaka ini,”ujar Parlin.

Anggota DPD RI asal Sumatera Utara ini mengatakan, jumlah penumpang setiap hari yang melalui Bandara Binaka sudah cukup besar di mana rata – rata  sebanyak 620 penumpang untuk data 2015, dan per tahun ditaksir sekitar 224.254. “Tentu ini menjadi pertimbangan, dimana jika landasan bandara diperpanjang maka pesawat yang lebih besar dapat mendarat tentu animo masyarakat untuk naik pesawat akan meningkat karna tiketnya pasti lebih murah,” imbuh parlin.

Parlindungan juga mengapresiasi kinerja Kepala Bandara Binaka Banggas Silitonga, hal ini terlihat dari aliran listrik dan aliran air di bandara sudah baik dan layak. Aliran air yang suplai dari PDAM Tirta Umbu berjalan lancar. Untuk listrik, jika ada pemadaman, telah disiapkan genset otomatis. Untuk air selain dari PDAM, bandara juga memiliki pompa air sendiri apabila ada gangguan dari aliran PDAM.

“Saya berharap, semua pihak harus mendukung program pengembangan bandara Binaka ini, Pemerintah Daerah dan Otoritas Bandara harus koordinasi dalam hal pembebasan lahan, dan lain – lain. Jika Bandara ini baik, maka yang menikmati adalah masyarakat, artinya pergerakan barang dan jasa akan mudah, ini akan meningkatkan penghasilan rakyat nias,” kata  Parlin. (rel/rrs)

Baca Juga :  Gayus: Jadikan Saya Staf Ahli Kapolri, Dalam 2 Tahun RI Bersih Korupsi

Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*