Bandara Polonia Medan Resmi Ditutup pada 25 Juli

Pesawat terbang komersial parkir di apron Bandara Polonia yang berdekatan dengan permukiman di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/4/2012). Bandara Polonia yang resmi dibuka tahun 1928 dan saat ini kondisinya tidak mendukung sebagai bandara internasional dengan jumlah penumpang yang kian meningkat. Bandara ini akan segera digantikan Bandara Internasional Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang pada pertengahan 2013. | KOMPAS/Iwan Setiyawan

JAKARTA, KOMPAS.com — Bandara Polonia di Medan, Sumatera Utara, akan resmi ditutup pada 25 Juli 2013. Penutupan dari bandara yang diresmikan pada tahun 1928 itu ditutup bersamaan dengan dibukanya Bandara Internasional Kualanamu.

“Ya, per 25 Juli Bandara Polonia akan ditutup untuk penerbangan komersial. Semua maskapai sudah diperintahkan untuk terbang melalui Kualanamu. Baik itu pesawat seperti Garuda maupun Susi Air, tetap sama,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Singayudha Gumay di Bandara Kualanamu, Rabu (10/7/2013).

Menurutnya, pada tanggal 25 itu, pesawat penumpang komersial diperbolehkan masuk Bandara Polonia hingga pukul 24.00 WIB. Setelah itu pesawat harus mendarat di Kualanamu.

“Pesawat pertama yang masuk ke Kualanamu adalah Garuda karena ada penerbangan malam yang diperkirakan sampai di Medan sekitar pukul 00.30 WIB tanggal 25 Juli,” ujarnya.

Bandara Kualanamu terletak di Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 22 km dari Kota Medan. Pada tahap awal, bandara yang diklaim sebagai bandara dengan sistem check-in tercanggih di Indonesia ini diperkirakan bisa menampung hingga 10 juta penumpang.

Editor : Caroline Damanik
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kerugian Kebakaran Pasar Inpres Kotapinang Capai Rp 3 Miliar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*