Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional

Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional
Bandara internasional Silangit Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Tapanuli Utara – Bandara Silangit yang berlokasi di kecamatan Siborong-Borong, Tapanuli Utara, hari ini membuka penerbangan internasional perdana dengan rute Singapura-Silangit-Singapura. Bandara Silangit yang dikebut pengembangannya sejak tahun lalu ini telah berubah statusnya menjadi Bandara Internasional.

Berdasarkan pantauan media, runway yang ada di bandara ini telah jauh lebih panjang dan lebar dibanding. Terminal baru yang dibangun PT Angkasa Pura (AP) II selaku operator bandara, tampak megah berdiri menyambut pesawat yang mendarat.

Arsitektur terminal internasional mengambil bentuk rumah adat suku Batak yang terlihat kokoh berbentuk segitiga. Terminal baru seluas 2.436 m2 itu siap dioperasikan dengan beberapa fasilitas antara lain 4 check-in counter untuk keberangkatan internasional, 5 check-in counter untuk domestik, dan 2 conveyor belt di baggage claim area.

bandara silangit 2 Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional
Bandara internasional Silangit Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Saat masuk dari pintu kedatangan, pengunjung akan langsung disuguhi oleh peta-peta dan informasi pariwisata Danau Toba yang terpampang di dinding dalam ruangan pengambilan bagasi.

Boarding lounge yang tersedia juga terlihat bersih dipadu nuansa biru yang memberi kesan nyaman saat menunggu. Bandara ini juga kini telah dilengkapi area komersial seperti coffee shop hingga kedai tradisional yang diberikan untuk UMKM daerah setempat.

Sebagai informasi, awalnya Bandara Silangit hanya untuk penerbangan perintis dengan pesawat berkapasitas di bawah 20 kursi dari Sibolga, Gunung Sitoli, dan Medan. Selanjutnya, penerbangan dilakukan dari Bandara Internasional (KNO) Kualanamu, Deli Serdang, dengan pesawat ATR 72-500.

bandara silangit 3 Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional
Bandara internasional Silangit Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Kemudian maskapai Garuda masuk dan mengambil penerbangan ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) Jakarta dan jumlah penerbangan pun kian bertambah. Termasuk dengan terbangnya Sriwijaya Air menggunakan Boeing B 737-500, disusul baru-baru ini oleh Batik Air.

Penerbangan dari Jakarta ke Silangit sendiri dioperasikan Garuda menggunakan pesawat Bombardier CRJ1000 bekapasitas 96 penumpang. Sementara Sriwijaya Air menggunakan pesawat Boeing 737-500 berkapasitas 120 penumpang dan Batik Air dengan pesawat Boeing 737-800 berkapasitas 162 penumpang.

bandara silangit 4 Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional
Bandara internasional Silangit Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance

Kehadiran Bandara Silangit menjadi pintu gerbang dari udara yang membuat semakin mudahnya akses menuju lokasi wisata Danau Toba. Potensi pengunjung yang bakal menyambangi lokasi wisata tersebut pun diharapkan semakin bertambah.

_detik.com

google Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasionalfacebook Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasionaltwitter Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasionallinkedin Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasionalemail Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasionalprint Bandara Silangit, Menjadi Bandara Internasional

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*