Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jam

Kamis, 25 Pebruari 2010 – www.metrosiantar.com

Sebelumnya, Bocah Meninggal dalam Perjalanan
Surgery Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 JamMADINA-METRO;
Tampaknya peningkatan pelayanan kesehatan yang digaungkan oleh pemerintah belum diterapkan sepenuhnya. Sebab, di Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal, masih nihil pusat pelayahan kesehatan, seperti rumah sakit dan puskesmas. Atas situasi ini warga berharap pemkab membangun fasilitas umum tersebut di Sinunukan.

Seorang warga Desa Sinunukan I, Kecamatan Sinunukan, Mahmud (39), yang ditemui METRO di Panyabungan, Selasa (23/2) lalu, mengatakan, pelayanan kesehatan di Kecamatan Sinunukan dan sekitarnya sangat memperihatinkan. Betapa tidak, satu-satunya rumah sakit yang ada harus ditempuh selama empat jam terlebih dahulu. Pasalnya, jarak antara kecamatan dengan rumah sakit lebih dari 90 kilometer.

“Warga yang sakit parah biasanya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Madina di Panyabungan. Dan jaraj dari Sinunukan ke Panyabungan lebih dari 90 kilometer. Selain jarak yang jauh, faktor ekonomi juga menjadi penghambat bagi warga yang ingin berobat,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini kebanyakan warga hanya berobat kepada bidan dan mantri yang ada di desa. Pengobatan dan pelayanan kesehatan yang diterima pun belum berjalan maksimal. Mengatasi persoalan ini, warga berharap kepada Pemkab Madina sebagai pengayom rakyat untuk memberikan perhatian dengan mendirikan Rumah Sakit (RS).

“Kami sangat berharap agar pemerintah membangun rumah sakit di daerah kami, Tujuannya, agar kami tidak sulit memperoleh pelayanan kesehatan. Sebab, kemampuan bidan atau mantri yang ada di desa belum sesuai dengan yang diharapakan,” katanya.

Diceritakannya, beberapa tahun yang lalu, pernah seorang anak yang menderita sakit keras sementara tenaga medis yang ada di desa mereka tidak mampu lagi untuk memberikan pertolongan dan merujuk supaya dibawa ke RSUD Kabupaten Madina untuk memperoleh pengobatan yang lebih serius.

“Tetapi akibat jarak tempuh yang memakan waktu selama 4 jam, akhirnya anak tersebut meninggal di tengah perjalanan. Ini adalah salah satu akibat kurangnya pelayanan kesehatan di daerah kami,” sebutnya.

Masyarakat Sinunukan mayoritas berkebun baik sawit, karet, coklat dan lainnya, karena tidak adanya rumah sakit masyarakat sulit memperoleh pelayanan kesehatan yang maksimal. “Kami sangat berharap kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan nasib kami yang ada di kecamatan ini, masih banyak kendala-kendala yang kami hadapi kalau dibandingkan dengan daerah kecamatan yang lain,” tambahnya mengakhiri. (mag-02)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jamfacebook Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jamtwitter Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jamlinkedin Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jamemail Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jamprint Perlu Dibangun Rumah Sakit di Sinunukan, RS Terdekat Harus Ditempuh 4 Jam

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*