Banjir Bandang – Banjir Landa Queensland Australia

Ratusan orang diungsikan, Selasa (28/12/2010) termasuk menggunakan helikopter, saat air yang naik memutuskan hubungan seluruh kota Australia dalam banjir terburuk melanda negara itu dalam puluhan tahun, kata para pejabat.

2140062p Banjir Bandang Banjir Landa Queensland Australia
Illustrasi

Hujan deras yang disusul badai tropis Tasha, yang menghantam negara bagian Queensland, Australia timur laut sebelum segera melemah, telah menggenangi pertanian dan rumah-rumah di negara bagian itu.

Beberapa tempat pernah menghadapi banjir paling parah dalam 50 tahun, termasuk kota-kota Chinchilla dan Dalby serta Theodore yang hubungan dengan kota-kota lain terputus selama dua hari dan 360 warganya diungsikan dengan helikopter.

“Kami kini dilanda banjir besar di Theodore,” kata Brice Grady dari Manajemen Urusan Darurat Queensland kepada media Sky News.

Para pejabat mengatakan walaupun hujan telah berhenti di beberapa tempat, arus air dari hulu masih mengalir melalui kota-kota ini menuju ke laut.

“Aliran air besar masih datang dan saya kira itu merupakan masalah penting, itu yang akan kita hadapi,” kata walikota Western Brwons, Ray Brown kepada Radio ABC setelah meninjau masyarakat yang terkena dampak banjir itu.

Pemerintah Queensland mengumumkan beberapa daerah, termasuk Theodore, Chinchilla dan Dalby sebagai daerah-daerah bencana – satu tindakan yang memberikan polisi kekuasaan untuk memaksa penduduk meninggalkan rumah-rumah mereka jika diperlukan.

“Kami menghadapi satu keadaan yang benar-benar berat di sini sekarang karena banyak bagian-bagian Queensland- dilanda banjir, banyak orang terkurung, banyak yang dievakuasi dan kini lebih banyak hujan turun,” kata Menteri Urusan Darurat Neil Roberts kepada Radio ABC.

Baca Juga :  Majikan Sumiati Ditahan, Tiga Anggota Keluarga Diduga Terlibat

Pihak berwenang memperingatkan penduduk agar tidak berusaha pergi jalan yang banjir setelah mereka memaksa untuk menyelamatkan beberapa orang dari mobil-mobil – termasuk dua orang dewasas dan dua anak kecil yang berusaha untuk berpegang pada pohon-pohon setelah mobil mereka dihanyut air.

Banjir juga melanda negara bagian New South Wales, tetangga Queensland di selatan, dengan beberapa properti dievakuasi dan sejumlah jalan terputus akibat banjir yang meningkat. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*