Banjir Bandang, Warung dan Musalla Hanyut

Tapsel,  Hujan deras yang rutin turun sepekan terakhir membuat Sungai (Aek) Sisoma di Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) meluap dan menyebabkan banjir bandang. Sejumlah rumah, warung dan sebuah musalla hanyut dibawa air Sungai Sisoma serta seorang warga terluka, Jumat (31/10) malam.

Informasi dihimpun Analisa, kondisi terparah akibat banjir bandang itu terlihat di Lingkungan VI Paya Bolak, Kelurahan Simatorkas, Kecamatan Angkola Barat, karena lokasi tersebut porak poranda dihantam banjir.

Camat Angkola Barat Ongko Muda Atas didampingi Lurah Simatorkis Samsul Pasaribu mengungkapkan, banjir bandang sudah mulai terjadi sejak sore hari dan baru reda menjelang magrib.

Banjir menyapu warung kopi milik Irwan Sihombing.

Seorang bernama Zulhendri Sitompul umur 32 tahun juga sempat hanyut 60 meter dan beruntung masih selamat dengan bertahan pada akar kayu namun sepeda motor miliknya sampai saat ini belum ditemukan.

Selain itu katanya, sebuah musalla, dapur rumah marga Sihombing, dua jembatan dari kayu ukuran 15 dan 20 meter hanyut. “Puluhan hektare kebun warga juga rusak,” ungkapnya.

Tinjau

Usai mendengar kabar banjir bandang yang melanda Angkola Barat, Bupati Tapsel bersama sejumlah SKPD langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kepada para korban, Bupati meminta agar selalu tabah karena ujian dan cobaan yang diberikan Allah swt pasti ada hikmahnya.

Baca Juga :  GP Ansor Padang Lawas Akan Bawa Kasus Gizi Buruk ke Presiden

Bupati memerintahkan camat agar setiap saat memantau perkembangan dan bila perlu penanganan lanjutan agar secepatnya berkoordinasi dengan RSUD. ” Saya minta agar tetap berhati hati dan waspada, mengingat saat ini musim penghujan, terutama yang selama ini rawan banjir dan longsor, “imbuhnya.

Guna meringankan derita masyarakat, Pemkab Tapsel memberikan bantuan berupa peralatan dapur dan makanan siap saji. (hih)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*