Banjir Protes, Menteri Kominfo Buka Blokir Vimeo

TEMPO.CO, Jakarta – Setelah kebanjiran protes dari warga, akhirnya hari ini Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka blokir situs berbagi video Vimeo. Situs Vimeo sudah bisa dibuka, baik dari aplikasi di smartphone ataupun dari web browser. Sedangkan Menteri Tifatul Sembiring mengatakan akan melakukan pengecekan mengapa ada pemblokiran itu.

Sebelumnya, pemblokiran Vimeo sempat memancing kemarahan warga. Protes membanjir dari para pengguna jejaring sosial Twitter, atau dikenal sebagai tweeps. Komentar sinis hingga sarkastis bermunculan di Twitter terkait pemblokiran itu. Salah satu komentar sinis muncul dari akun @halimakibb. Akun tersebut menyamakan pemblokiran Vimeo oleh Kominfo ini dengan langkah pemerintah Tiongkok yang kerap memblokir situs jejaring sosial. “Are we living in china or what (Kita ini hidup di Tiongkok atau apa?),” tulis akun itu.

Komentar khawatir muncul dari akun @donnybu. Ia menganggap pemblokiran itu bisa menjadi preseden buruk di masa depan. “Kebayang, makin pentingnya tata kelola Internet Indonesia yang transparan, akuntabel dan profesional. Kini siapa pun bisa blokir sana-sini, suka-suka,” ujarnya.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*