Baru Dibangun – Tanggul Jalan Desa Aek Malakkut Ambruk

Tapsel, (Analisa). Tanggul pengaman bahu jalan propinsi sepanjang seratus meter di Desa Aek Malakkut, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ambruk ke dasar jurang.

Pantauan Analisa, Senin (26/5), sebagian besar dinding tanggul pengaman bahu jalan roboh dan jatuh ke jurang berkedalaman 100 meter.

Menurut warga sekitar, ambruknya tanggul tersebut sudah berlansung sejak beberapa bulan terakhir, namun belum ada pihak yang bertanggungjawab atas tanggul yang dibangun beberapa bulan lalu itu.

Padahal, kondisi itu sangat membahayakan pengguna jalan raya dan bahkan jika tidak segera ditanggulangi bisa membuat jalur transportasi darat dari Marancar ke Batang Toru terputus.

“ Saya juga bingung dengan kondisi bangunan itu, baru saja dibangun, sudah ambruk, harusnya pengaman dipinggir jurang ini dibuat tanggul beton bertulang besi, sebab jalan ini bukan hanya dilewati kenderaan pribadi saja, namun juga bertonase tinggi, ” ujar R. Siregar.

Siregar menilai, runtuhnya tanggul pengaman jalan itu juga diduga akibat rendahnya kualitas proyek pembangunan tanggul tersebut.

“ Usia tanggul masih setahun, tidak mungkin roboh kalau bukan karena pengerjaan yang asal jadi,” sebutnya.

Diharapkannya, Pemkab Tapsel maupun Pemprovsu agar melihat langsung kondisi tanggul pengaman bahu jalan yang ambruk tersebut.

“Saya khawatir, jika tidak segera diperbaiki akan banyak pengendara yang menjadi korban, ” terangnya.

Ketua Lembaga Satuan Tugas Mafia Hukum Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Syaiful Jamil Hasibuan mengatakan, ambruknya tanggul itu akibat mutu dan kualitas bangunan yang rendah.

Baca Juga :  Djohar: AFC Salut atas Lolosnya Indonesia

“Kontraktor harus bertanggungjawab, tanggul ini tidak akan roboh jika bukan karena mutu bangunan yang rendah,“t egasnya. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. sabola dia do poang di aek malakkut na ambruk i, na di rura maranggun i do sanga na didia do. Harana molo di aek malakkut na huboto dang adong disi tanggul, tapi molo di rura maranggung donok tu aek malakkut inda huboto sabola didia…
    molo na sega attong, cepat cepat ma da dipaboa tu pamarenta i sangat tu camat i, apalagi jonok do sian i kantor camat ni kec. marancar… harana poang tongkin nai mulak ma pararirayo sian angka pangaranto da..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*