Baru Tiga Kecamatan Selesai Rekap Suara di Paluta

Tiga dari sembilan kecamatan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), telah menyerahkan rekapitulasi hasil suara dan kotak suara ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Kamis (17/4).

Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Batang Onang, Hulu Sihapas dan Padang Bolak Julu. Sedangkan untuk sisa perhitungan dari 6 kecamatan masih melakukan perekapan suara. Bahkan untuk kecamatan Padang Bolak sendiri, perekapan suara masih berlangsung. Dari jumlah 77 desa di wilayah Padang Bolak, baru 35 desa yang telah selesai dihitung. Sehingga perhitungan kotak suara desa lainnya kemungkinan tiga hari ini dijadwalkan akan rampung.

“Baru tiga kecamatan yang telah menyerahkan hasil rekap, enam lagi masih menghitung,” ujar Ketua KPUD Paluta Drs Safri Siregar, Kamis (17/4).

Safri menuturkan proses penghitungan surat suara yang terjadi di beberapa PPK se Paluta hingga saat ini masih bisa di bilang aman dan terkendali, walaupun diketahui belakangan banyak masyarakat yang menuding kinerja PPK banyak yang diragukan.

“Perhitungan sudah memasuki tahap penyelesaian dan semuanya berjalan aman dan lancar,”ungkapnya.

Lanjutnya, untuk tiga kecamatan yang sudah selesai melakukan perhitungan surat suara nantinya, kotak suara beserta surat suaranya akan disimpan di kantor KPU. Begitu juga dengan enam kecamatan lainnya juga akan melakukan hal yang sama, yaitu ketika sudah selesai melakukan perhitungan surat suara pihak PPK terkait juga akan menyerahkan surat suara kepada pihak KPU.

Baca Juga :  Aliansi Mahasiswa Pemuda Peduli Pejuang Rakyat (Amper) PALAS - Desak Polisi Ungkap Pungli

Safri mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan dan keamanan guna menghasilkan pemilu yang bermartabat dan berkualitas sehingga nantinya proses demokrasi di Paluta ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Sementara itu untuk perhitungan surat suara di PPK Padang Bolak hingga berita ini diturunkan belum juga selesai melakukan perhitungan suara. Menurut Ketua PPK Padang Bolak Ramli Tanjung, penyebab terlambatnya proses penghitungan suara disebabkan dari 9 PPK yang ada di Paluta, Kecamatan Padang Bolak lah yang mempunyai TPS terbanyak bila dibandingkan dengan kecamatan lainnya.

Namun dengan tegas Ketua PPK Padang Bolak Ramli Tanjung memastikan, perhitungan surat suara untuk Kecamatan Padang Bolak akan segera selesai. Pantuan wartawan, Jumat (18/4), proses perhitungan surat suara di PPK Padang Bolak masih berlangsung, sejumlah warga dan tim sukses maupun saksi memadati kantor tersebut, ingin melihat dari dekat proses perekapan suara. (ong)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*