Basarnas Pastikan Mencari Semua Badan serta Jasad Penumpang AirAsia QZ8501

TRIBUN NEWS / DANY PERMANA Pangops 1 TNI AU A Dwi Putranto memberikan keterangan terkait temuan barang dan serpihan dalam operasi pencarian pesawat AirAsia QZ 8501, di Posko Utama Pencarian Pesawat Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12/2014). Sejumlah barang dan jenazah sudah berhasil diangkat oleh tim SAR dari laut.

JAKARTA, Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang pada Minggu (28/12/2014) kemarin telah ditemukan. Badan SAR Nasional memastikan akan mencari semua badan serta jasad penumpang pesawat tersebut secara maksimal.

“Kami akan bekerja 48 jam, bukan hanya 24 jam,” kata Kepala Badan SAR Nasional Marsdya TNI F Henry Bambang Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Basarnas, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/12/2014).

Kendati demikian, lancar atau tidaknya proses pencarian tersebut juga bergantung pada kondisi cuaca. Sebab, perlengkapan yang dimiliki tim gabungan untuk melakukan proses pencarian cukup terbatas.

“Semua tergantung kondisi lapangan. Kalau kita semangatnya ada, tetapi kan keterbatasan alat,” ujarnya.

Soelistyo menjelaskan, nantinya semua temuan dalam proses pencarian ini, baik itu pecahan pesawat maupun jasad penumpang, akan dibawa terlebih dahulu ke Pangkalan Bun. Setelah itu, jasad penumpang akan diterbangkan ke Surabaya untuk diperiksa tim Disaster Victims Identification (DVI) Polri.

Sementara itu, tim dari Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi untuk mencari penyebab kecelakaan di Pangkalan Bun.

Baca Juga :  Aktivis HAM: Polri Tak Perlu Detasemen Baru

/KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*