Bayar THR Tepat Waktu – Disosnaker Padangsidimpuan Sudah Surati Perusahaan

P Sidimpuan. Pihak Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Disosnaker) Kota Padangsidimpuan menyebutkan telah menyurati seluruh perusahaan di Kota Padangsidimpuan agar membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada buruhnya paling lama 14 hari sebelum hari H. “Surat imbauan tersebut telah disampaikan seminggu memasuki bulan Ramadhan sesuai dengan surat ddaran Menteri Tenaga Kerja Nomor 7/MEN/VI/2015 tentang Pembayaran Tunjangan hari Raya Keagamaan dan Permen No 04 Tahun 1994 tentang THR Keagamaan,” kata Kepala Disosnaker Kota Padangsidimpuan, Drs Nelpisar Nasution, Senin (6/7).

Menurut Nelpisar, masalah THR merupakan hak normatif bagi buruh/pekerja makanya jauh-jauh hari Disosnaker menyurati perusahaan agar jangan sampai buruh tidak mendapatkan hak dasarnya yakni THR dengan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku.

Disebutkan, bagi buruh yang masa kerjanya belum mencukupi satu tahun dan telah melewati masa percobaan atau tiga bulan, maka ia sudah berhak atas THR yang nilainya masa kerja berapa bulan dibagi dua belas bulan dan dikalikan upahnya. Sementara yang sudah memasuki masa kerja setahun atau lebih maka ia berhak menerima satu bulan upah untuk nilai THR.

“Menteri Tenaga Kerja mengharapkan para pengusaha segera membayarkan THR secepatnya agar dapat dipergunakan oleh buruh atau pekerja dalam mempersiapkan menyambut hari raya Idul Fitri,” katanya.

Di tempat terpisah Ketua FKUI SBSI, Safriani, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepedulian yang dilakukan Disnaker Kota Padangsidimpuan. “Semoga dengan telah disuratinya perusahaan hak-hak pekerja dapat direalisasikan dengan baik,” kata Safriani.

Baca Juga :  Satuan Pergerakan Mahasiswa Padang Lawas (SPM Palas): Copot Kepala Bappeda Palas

Safriani berharap agar Disnaker tidak hanya sebatas menyurati perusahaan saja, akan tetapi perlu juga dilakukan pengawasan dan ketegasan kepada perusahaan yang tidak menaati aturan. “Bila ada perusahaan yang tidak memberikan THR kepada buruh/pekerjanya perlu diambil sikap yang tegas,” katanya.


(ikhwan nasution)-Medan Bisnis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*