Bayern Belajar dari Kegagalan Tahun Lalu

BARCELONA, KOMPAS.com — Kesuksesan Bayern Muenchen melangkah ke babak final Liga Champions musim ini banyak mendapat pengaruh dari kekalahan menyesakkan dalam final di Liga Champions musim lalu oleh Chelsea. Hal ini diungkapkan langsung oleh pelatih Bayern, Jupp Heynckes.

“Saya hidup sebagai pemain dan pelatih sepak bola dan saya sangat kecewa setelah final musim lalu,” kata Heynckes dalam konferensi pers pasca-pertandingan, seperti dikutip fifa.com.

“Namun, keesokan harinya, kami mulai merencanakan musim berikutnya, merencanakan skuad, dan bicara dengan para pemain,” tambahnya.

Semua gol Bayern Munich terjadi di babak kedua. Diawali oleh tendangan keras Arjen Robben. REUTERS/Sergio Perez.
detikcomfoto

Pengalaman Bayern musim lalu memang terbilang pahit. Setelah kalah bersaing dari Borussia Dortmund dalam perebutan takhta Bundesliga, Bayern pun kehilangan titel DFB Pokal, kalah dari tim yang sama. Setelah itu, di saat Bayern memiliki kesempatan meraih Liga Champions di Allianz Arena, yang merupakan stadion kebanggaan mereka, Bastian Schweinsteiger dkk harus kalah lewat adu penalti melawan Chelsea di partai final.

Pengalaman itu ternyata ampuh melecut motivasi Die Roten untuk menjalani musim 2012-13. Dengan tambahan pemain seperti Mario Mandzukic, Dante, dan Javi Martinez, Bayern tampil dominan di liga domestik dan sudah memastikan diri meraih titel Bundesliga dengan unggul 20 angka dari Dortmund serta maju ke babak final DFB Pokal dan Liga Champions.

Baca Juga :  Pengumuman kelulusan CPNS Langkat

“Saya rasa Anda bisa belajar lebih banyak dari kekalahan dibanding kemenangan dan kami punya pengalaman musim lalu untuk menjadi bahan motivasi menuju final,” jelas Heynckes.

Ia pun menyoroti solidnya ikatan para pemain sebagai faktor lain kesuksesan Bayern.

“Kami adalah tim yang sangat terikat, baik di dalam maupun luar lapangan. Kami sudah memenangkan liga, berada di final Pokal (Piala Jerman) dan sekarang memiliki target Liga Champions karena ketidakberuntungan yang kami miliki di final tahun lalu,” kata Heynckes.kompas.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*