Bea Cukai Medan Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp. 4 Miliar Oleh Seorang Wanita Asal Vietnam

Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe A2 Medan menggagalkan upaya penyelundupan sabu senilai Rp4 miliar yang dilakukan wanita kewarganegaraan Vietnam di Bandara Polonia Medan.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe A2 Medan Yosafat Fatra Patuh di Medan, Senin (29/11) mengatakan, upaya penyelundupan sabu-sabu itu dilakukan pada Minggu malam (28/11), pukul 22.30 WIB.

Upaya penyelundupan sabu-sabu itu dilakukan Le Thi Dung (49), yang membawa barang haram itu dari Kuala Lumpur menuju Medan dengan menumpangi pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK 456.

Yosafat menambahkan, penggagalan penyelundupan sabu-sabu itu berawal dari kecurigaan petugas terhadap wanita yang membawa tas koper berwarna coklat. Kecurigaan itu bertambah setelah melihat profil wanita asal Vietnam itu, yang tidak dapat berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan itu maka petugas langsung mengarahkan wanita itu ke ruangan pemeriksaan guna menggali keterangan secara mendalam.

Selanjutnya, petugas memeriksa tas wanita itu dan menemukan dua  bungkusan berwarna coklat terletak melekat pada dinding palsu bagian belakang koper.

“Setelah dibuka bungkusan itu ternyata berisi kristal putih dengan total berat 1.482 gram,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pada bungkus pertama terdapat sabu-sabu seberat 840 gram dan bungkus kedua seberat 642 gram yang disembunyikan dalam kompartemen tas koper.

Baca Juga :  Peringatan 107 Tahun Gugurnya Raja Sisingamangaraja XII

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, pada bungkus plastik pertama ternyata berisi kristal berwarna putih seberat 840 gram dan merupakan methamphetamine yang diperkirakan di pasaran gelap bernilai Rp1,68 miliar.

Sedangkan pada bungkus kedua, berisi kristal berwarna putih seberat 642 gram dan merupakan methamphetamine, diperkirakan di pasaran gelap bernilai Rp2,964 miliar, ucapnya.

Tersangka beserta seluruh barang bukti sabu senilai Rp4 miliar itu kini diserahkan kepada Direktur Narkoba Polisi Daerah Sumatra Utara guna proses penylidikan lebih lanjut.  Le Thi Dung terancam telah melanggar UU nomor 35 thn 2009 tentang Narkotika, katanya. (mediaindonesia.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*