Pemkab Tapanuli Selatan Siapkan Beasiswa Rp. 2 Miliar untuk Lulusan SLTA

Padangsidimpuan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menyiapkan dana beasiswa sebesar Rp 2,025 miliar Tahun Anggaran (TA) bagi siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Untuk angka nominal persiswa belum ditentukan, saat ini Dinas Pendidikan sedang mendata siapa saja warga Tapsel yang diterima di PTN,” ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu pada acara Wisuda Sarjana ke XXVII dan Milad XLVI Tahun 2015 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) P.Sidimpuan di Gedung Auditorim Kampus setempat, Jalan HT Rizal Nurdin, Km 4,5 Sihitang, Kota P Sidimpuan, baru-baru ini.

Dikatakan, dana Rp1,015 miliar dari Rp2,025 miliar yang diproyeksikan sebagai bantuan beasiswa bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2015/2016 sudah ditampung dalam APBD 2015.

“Sedangkan Rp1 miliar lagi akan ditampung dalam PAPBD. Ini bentuk nyata komitmen Pemkab Tapsel dalam mendukung pendidikan dan peningkatan SDM masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan, salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan beasiswa, harus benar -benar warga Tapsel dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). “Dua syarat utama itu agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari,” katanya.

Terkait misi IAIN P Sidimpuan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) sebelum tahun 2025, Syahrul mengapresiasi upaya tersebut sekaligus memberikan dorongan agar segera terwujud.

”Dukungan yang kita berikan bukan hanya pada IAIN, tapi termasuk UMTS, STKIP dan UGN P Sidimpuan,” katanya.

Baca Juga :  Peserta Jahit Mulut Petani Palas Bertambah

Dijelaskan, sebaga bukti tingginya perhatian Pemkab Tapsel kepada IAIN meskipun berada di wilayah Kota P Sidimpuan yaitu keikusertaannya meyakinkan Dirjen Dikti di Jakarta agar segera merealisasikan perubahan status STAIN menjadi IAIN P Sidimpuan.

Sementara itu, Rektor IAIN P Sidimpuan Dr Ibrahim Siregar MCL mengapresiasi kebijakan Pemkab Tapsel dalam memberikan beasiswa kepada siswa Tapsel yang masuk ke PTN.

“Perhatian Bupati Tapsel terhadap dunia pendidikan cukup tinggi. Pada saat finalisasi peningkatan status STAIN jadi IAIN saya sempat menawarkan tiket pada beliau, namun ditolak,” ungkapnya. (hih)


CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

9 Komentar

  1. assalamualaikum wbr?
    makasih pak, Jdi langsung ke kantor bupati pak?
    itu nantinya kebidang apa pak? mhon balasan ya pak
    wassalamualaikum wbr

  2. pak bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut?
    saya lulus di universitas lampung tahun ini dan saya alumni dari kota p.sidimpuan tapi saya warga tapsel. apa saya bisa mendapatkannya walaupun saya sekolah di kota p.sidimpuan.? terimakasih pak.

  3. assalaamu’alaikum….
    Pak bagaimana cara mendapatkan beasiswanya yaaa pak ?? saya mahasiswa unimed saya sangat membutuhkan beasiswa, sebab orangtua adalah wiraswasta yang gajinya tak menentu. adapun wirausaha nya di bidang berjualan kecil-kecilan di pasar saya mohon agar bapak berkenan membantu saya untuk bisa mendapat beasiswa iniserta berkenan membalas pertanyaan saya. terimakasih banyak pak. wassalaaamu’alaikum

  4. assalam pak..
    maaf sebelumnya..
    perkenalkan saya Rahmat Taufik asal kec. Marancar dan sekarang saya kuliah di POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI PAYAKUMBUH ( Sumbar) dan saya brsl dr kluarga yg tdk mampu. skrg saya semester VI dan bnyak dana yg harus saya kluarkan.
    dmikian penjelasannya pak.
    dan Apakah saya bisa mendapatkan Beasiswa daerah tersebut sprti rekan” dri PTN/PTS di p sdimpuan.
    Mohon Tanggapannya Pak.
    terimaksh Wassalam

  5. as.
    pak sahrul yang terhormat
    saya sudah masuk ke perguruan tinggi negeri iain psp.pada waktu itu saya tidak tau bahwa akan ada beasiswa tapsel.saya terlambat mengurusnya
    karna pas lulus smk saya terkena penyakit dan saya dirawat di rs h adam malik medan.apakah saya sekarang masih bisa mengurus beasiswa itu dan bagaimana caranya bisa di urus.sekarang sudah bulan 10 2015

  6. assalaamu’alaikum…. bagaimana cara mendapatkan beasswanya yaaa pak ?? saya mahasiswi UNP(universitas negeri padang) sangat membutuhkan beasiswa, sebab orangtua adalah wiraswasta yang gajinya tak menentu. adapun wirausaha nya di bidang membuat roti . saya mohon agar bapak berkenan membalas pertanyaan saya. terimakasih banyak pak. wassalaaamu’alaikum

    • Jangan takut untuk mencoba, silahkan coba ajukan ke dinas pendidikan atau lembaga penydia bea siswa tersebut, atau paling tidak anda coba tanyakan syaratnya ke dinas pendidikan atau lembaga penydia bea siswa tersebut, tentunya mereka pasti mau menjawab—

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*