Beckham Diminta Bantu Sepak Bola China

BEIJING, KOMPAS.com — Ikon sepak bola David Beckham akan membantu perkembangan sepak bola China sekaligus menjadi duta sepak bola Liga Super negara tersebut.

Beckham akan mengunjungi China tiga kali semasa Maret hingga November ini. Ia akan mempromosikan olahraga di China dan mencoba menarik perhatian dunia. Hal ini diungkapkan asosiasi sepak bola China.

“Beckham akan datang ke China mempromosikan sepak bola untuk kaum muda dan menjadi duta buat Liga Super China,” demikian pernyataan tertulis asosiasi sepak bola China.

“Kedatangannya diharap akan menarik perhatian dunia terhadap sepak bola di China dan kehadirannya juga diharap akan membawa sepak bola China ke pentas dunia.”

Meski begitu, media massa pemerintah meragukan cara ini akan mampu mengembalikan citra sepak bola China yang telah rusak karena skandal pengaturan skor pertandingan dan suap.

Bulan lalu, 33 orang dikenakan hukuman seumur hidup dan klub Shanghai Shenhua—yang pernah merekrut Didier Drogba—dijatuhi hukuman pencoretan gelar juara liga pada musim 2003 karena terlibat skandal pengaturan skor.

Kedatangan Drogba yang disertai Nicolas Anelka ke Liga China tahun lalu diharap memulihkan citra liga ini. Namun, keduanya kemudian memutuskan hengkang kembali ke liga Eropa.

Karena itulah, tak heran media massa lokal mengkritisi keputusan menggunakan bantuan Beckham ini. “Bahkan, Beckham sekali pun akan sulit mengembalikan reputasi sepak bola China. Lebih baik uang yang ada digunakan untuk mengembalikan kualitas liga.”

Baca Juga :  BUKAN KUBANGAN KERBAU !

Agaknya “tangan Midas” Beckham di Major League Soccer (MLS) di Amerika dan—sekarang—di Liga Perancis diharapkan akan menuai tuah di China.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*