Begini Cara Manusia Membuat Crop Circles

Thomas Jamaluddin, Profesor Riset Astronomi dari LAPAN, mengatakan bahwa lingkaran grafis misterius yang ada di sebuah sawah di Dusun Kracakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, DIY, itu diduga kuat buatan manusia.

Jika memang buatan manusia, dalam membuat crop circles perlu teknik yang paling logis untuk menciptakannya. Apalagi gambar yang biasanya hadir di daerah ladang ini, hanya memerlukan waktu singkat atau tak sampai semalaman.

Salah satu bentuk Crop Circles buatan manusia yang ada di Korea (Foto: Ist)

Dikutip melalui WikiHow, Senin (24/1/2011), teknik dalam menggambar di ladang ini sangatlah mudah. Selain tidak memerlukan alat khusus juga membutuhkan waktu yang relatif singkat. Hal ini sama dengan yang diutarakan Profesor Thomas bahwa dalam menciptakan crop circle di sebuah ladang hanya membutuhkan bantuan tali dan kayu.

Dan berikut langkah-langkah dalam menciptakan crop circles sendiri berdasarkan info dari Wikihow.

1. Menentukan ladang atau lahan yang diperlukan
Tentu saja sangat penting, mengingat seni membuat gambar ladang ini membutuhkan lahan yang sangatlah besar. Selain itu tentu penting memilih lahan agar dapat memikat banyak orang.

2. Membuat rencana desain lingkaran tanaman menggunakan peta skala besar, untuk menjamin akses bagi Anda dan audiens Anda.

Siapkan plot desain garis lurus atau melingkar. Tandai di peta arah Anda akan meratakannya, untuk menghindari tanda-tanda dari bagian yang mencurigakan, diperlukan pembuat lingkaran berpengalaman sehingga dapat menghindari merusak desain dengan meninggalkan garis-garis seperti mesin pemotong rumput.

Baca Juga :  CEO Baru Twitter: Twitter Tidak Akan Dijual

3. Setelah di lapangan, gunakan pengukuran ke tempat yang tepat dengan spidol pada desain mini yang anda buat. Teman Anda dapat membantu untuk menandakan tempat, membuat perhitungan tiap sisi bagian lahannya, dan meletakkan tali untuk menandai area datar.

4. Membuat garis konstruksi dengan meletakkan tali untuk menguraikan ke gambar yang dibuat.
Setelah menandakan garis dengan tali, Kemudian meratakan lingkaran pada titik-titik persimpangan. Untuk menciptakan gambar yang sempurna biasanya membuat garis tali segitiga sama sisi, dan menciptakan lingkaran dipipihkan di sudut-sudut segitiga.

5. Membentuk gambar dengan meratakan tanaman,
Setelah setiap sudut terbentuk dengan tali, saatnya kreasi seni dibuat. Ada dua cara dapat dilakukan, pertama dengan Plank Flattening, yaitu menggunakan papan bertali, untuk meratakan dengan memegang tali lalu tekan ke depan dan ke bawah dengan tetap satu kaki di papan.

Cara yang kedua, menggunakan roller, alat bantu ini biasanya disediakan di toko material dengan alat yang dimodifikasi.

Setelah 5 langkah ini selesai dibuat, keesokan harinya dapat dipastikan gambar di ladang akan sesuai dengan keinginan penggambarnya. Langkah terakhir adalah menunggu kerumunan orang membicarakannya hingga akhirnya media mempublikasikan.(okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kecepatan Internet Indonesia Paling Lemot Se-ASEAN

6 Komentar

  1. bisa ndak ya aq mbikin gtu? klo mahasiswa bisa, berarti aq jga bisa donk? besok ah tak coba pake sawahku sendiri…siapa tau bisa jadi objek wisata, bisa kaya nih

  2. Klo ngomong mudah bikinnya, silakan praktekan sewa sebuah sawah yang luas, lalu bikin di siang bolong dengan disaksikan kamera dari berbagai wartawan agar bisa diliput di berbagai media massa. Jangan cuman omong kosong doank.

  3. INVALID !!
    untuk membuat Cycle Crop butuh perencanaan yang matang walau sebenarnya yang paling susah itu justru membuat pematahan batang OBJEKnya (batang padi/gandum). minimal 3 Hari.
    alat-alat yang di butuhkan ?! (tradisional atau Hyper beam plasma) heleh pikir sendiri deh..

    yang jelasnya setiap logo, desain, gambar bahkan BINGKAI setiap VEKTOR garis (mungkin abstrak) yang mereka ciptakan/pamerkan itu ada makna dan sedikit bocoran ilmu. hehe bagi yang mampu berpikir, ujungnya >> : “cobalah kembali ke agama”

  4. ” Saya percaya itu buatan manusia,,,,,,
    kalo UFO / Piring terbang???? heheheh jaman sekarang jangan percaya gituan lha wong anak kecil aja bisa pesawat terbang…y g???
    mgkin ja itu buatan orang – orang iseng,,,,

  5. Saya masih belum bisa meyakini secara logis kalau membuat crop circle itu betapa mudahnya dan sangat singkat waktunya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*