Bencana Mentawai – Wapres Minta Tiap Pulau Bangun Landasan

1256403620X310 Bencana Mentawai Wapres Minta Tiap Pulau Bangun Landasan
Warga membantu anggota TNI-AD mengangkut bantuan untuk korban tsunami helikopter MI 17, di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Minggu (31/10) . Untuk mempercepat proses distribusi bantuan dan evakuasi korban luka salah satunya dilakukan melalui udara dengan heikopter antara lain ke di Kampung Tumalei, Desa Silabu Kecamatan Saumanganya yang masih minim bantuan.

Wakil Presiden Boediono meminta setiap pulau di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, dibangun landasan (air strip) untuk mempermudah jalur transportasi bilamana terjadi bencana lagi. Pembangunan landasan itu diharapkan diintegrasikan saat penyusunan rencana induk (grand design) rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa dan tsunami di Mentawai.

quote 1 Bencana Mentawai Wapres Minta Tiap Pulau Bangun Landasan
Selain air strip, juga dermaga-dermaga diperbaiki agar jalur udara dan laut mudah ditempuh.
— Kuntoro Mangkusubroto
quote 2 Bencana Mentawai Wapres Minta Tiap Pulau Bangun Landasan

Demikian disampaikan Kepala Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto saat ditanya pers, seusai mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin Wapres Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Senin (8/11/2010).

“Selain air strip, juga dermaga-dermaga diperbaiki agar jalur udara dan laut mudah ditempuh. Diharapkan rencana ini sudah diintegrasikan dalam rencana induk, yang selesai awal Desember ini,” tandas Kuntoro.

Untuk mengawasi penyelesaian rencana induk tersebut, Kuntoro menambahkan UKP4 diminta ikut membantu.

“Kita ikut membantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Menko Kesejahteraan Rakyat yang mengkoordinasi penyusunan rencana induk,” lanjut Kuntoro. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*