Bentrok di USU Disesalkan Pengamat Pendidikan

MEDAN – Pasca bentrok antar mahasiswa Fakultas Tehnik(FT) dan Fakultas Pertanian(FP) Universitas Sumatera Utara (USU) yang terjadi pada jumat (9/9) kemarin.Ternyata menuai cerita dan tanggapan yang sedikit di sesalkan dari pengamat pendidikan.

Syawal Gultom,pengamat pendidikan,berpendapat seharusnya hal seperti ini tidak harus terjadi.Dia mengatakan bahwa kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) adalah sebuah kegiatan yang wajar yang  mengandung unsur akademik. Dimana para mahasiswa baru dapat lebih mengenal lingkungan kehidupan kampus dan kegiatan akademiknya.Namun dengan terjadinya bentrokan antar sesama mahasiswa menjadikan momen PMB ini sedikit menyimpan cerita duka.”Kegiatan PMB adalah kegiatan yang wajar.Dimana kegiatan ini mengandung unsur akademik sekali,”jelas Syawal,kepada Waspada Online, sore ini.

Syawal menambahkan,sebagai orang pendidikan dia juga sangat menyesalkan kejadian yang seperti itu terjadi.Satu hal yang dapat dibanggakan pihak civitas akademika kampus adalah dapat berbincang dan berdialog antar civitas akademika yang sifatnya reflektif.”Sebagai orang pendidikan,menyesalkan hal itu.Satu hal yang di banggakan kampus dapat berbincang atau berdialog langsung yang sifatnya reflektif”,tambah Syawal,sore ini.

Selain itu,dia juga menghimbau agar mahasiswa senioren atau alumni dapat menjadi fasilitator dan mediator untuk menyelesaikan permasalahan ini.Mahasiswa yang bentrok harus dapat  sama-sama berdialog untuk  menyelesaikan masalah ini.Syawal juga mengatakan,mudah-mudahan hal ini menjadi pelajaran di masa datang untuk seluruh civitas akademika USU agar tidak terulang lagi kejadian yang sama dikemudian hari.

Baca Juga :  Rinto Harahap Meninggal Dunia

Sebelumya,bentrok yang terjadi antara mahasiswa Tehnik dan Mahasiswa Pertanian USU ini belum di ketahui dengan jelas apa motifnya. Namun dugaan sementara adanya mahasiswa yang saling ejek di kedua kubu tersebut lah yang memicu terjadinya bentrok.Peristiwa ini juga menyebabkan beberapa masiswa mengalami luka-luka ringan.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*