Bersalin Gratis Segera Diberlakukan

MADINA- Program Kementerian Kesehatan RI untuk Jaminan Persalinan (Jampersal) 2011 ini diharapkan benar-benar membantu seluruh masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Dengan adanya program tersebut, hanya dengan memiliki KTP, seluruh masyarakat akan memeroleh layanan persalinan gratis.

Direktur RSUD Panyabungan drg Ismail Lubis melalui Kepala Tata Usaha (KTU) dr Helli Susiani Sinaga menerangkan, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis) baru menerapkan program tersebut. “Kita belum menjalankan program itu karena belum ada juknis dan itu masih sebatas wacana pemerintah pusat,” sebut dr Helli kepada METRO, Rabu (11/5).
Untuk memastikan program Jampersal ini, Kadis Kesehatan Provinsi Sumut dr Chandra Syafei SPOG yang dikonfirmasi METRO melalui pesan singkat (SMS) Rabu (11/5)  mengatakan bahwa Jampersal ini merupakan program Kemenkes RI dan berlaku di seluruh Indonesia dan di seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari fasilitas dasar hingga rujukan.

”Iya, itu berlaku di seluruh Indonesia dan di seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari fasilitas kesehatan dasar, dan rujukan, termasuk juga di Kabupaten Madina,” tulis dr Chandra dalam pesan singkatnya., Dia juga mengatakan bahwa tak ada persoalan dengan anggaran yang belum turun, dan dikatakannya bahwa Jampersal ini harus dijalankan oleh seluruh fasilitas kesehatan. ”Turun atau belum tak jadi masalah, yang penting pelayanan Jampersal sudah harus dijalankan, dan Jampersal ini berlaku kepada seluruh masyarakat yang mau dirawat di kelas 3, dan itu gratis,” tambah dr Chandra.
Kepala Dinas Kesehatan Madina dr Sakdiyah Lubis MM yang dikonfirmasi melalui Kabid Sarana dan Jaminan Kesehatan Fuad Nasution SKM menjelaskan, Dinkes Madina telah menerima dan menjalankan program itu.

Baca Juga :  Jalan Desa Batang Bahal, Kec. Padangsidimpuan Batunadua, Kota P.Sidimpuan Belum Tersentuh Aspal

Meskipun dana untuk Jampersal ini belum dikucurkan ke kas daerah, namun mengingat itu merupakan program pusat, Dinkes telah menjalankan program tersebut sejak 13 April lalu. ”Sejak 13 April lalu program Jampersal ini telah kami jalankan dan telah kami sosialisasikan kepada Kepala Puskesmas dan Balai Bersalin yang ada di Kabupaten Madina. Jampersal ini gratis untuk seluruh masyarakat yang tak memiliki jaminan kesehatan,” kata Fuad.

Diungkapkannya, bahwa pelayanan Jampersal tersebut merupakan program yang telah diterapkan secara nasional, baik di Dinkes maupun di rumah sakit, baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta. Masih kata Fuad, seluruh masyarakat yang tidakk memiliki jaminan kesehatan semisal asuransi kesehatan, jaminan sosial tenaga kerja atau asuransi kesehatan lainnya dapat dilayani dengan Jampersal. Namun ini hanya bagi orang yang hendak bersalin saja.

”Caranya cukup mudah. Setiap warga yang mau bersalin cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) dan seluruhnya akan digratiskan, kecuali Ibu Rumah Tangga (IRT) yang mau bersalin tersebut menginginkan perawatannya di kelas khusus atau VIP. Jadi program ini tak akan berlaku lagi, karena Jampersal hanya memfasilitasi ruang inap klas 3 apabila bersalinnya di rumah sakit melalui operasi atau bedah,” jelasnya. Fuad menambahkan, Jampersal ini tak mengenal batas wilayah bagi warga yang ingin bersalin.

Artinya meskipun dia warga di luar Kabupaten Madina tetapi dia memiliki KTP atau KK maka warga itu berhak memeroleh Jampersal. ”Tak ada batasan wilayah, warga manapun dia asal memiliki KTP atau KK itu tetap berhak memeroleh Jampersal, karena itu sudah program pemerintah pusat,” tambahnya mengakhiri. Sementara, Kepala Puskesmas Siabu dr Saleh Usman Parinduri kepada METRO membenarkan bahwa pihaknya telah menerima arahan dan petunjuk mengenai Jampersal ini dan dirinya juga sudah melakukan sosialisasi terhadap klinik persalinan yang ada di Kecamatan Siabu untuk melaksanakan Jampersal dengan melakukan kerja sama dengan Dinkes Madina. ”Kita sudah melaksanakan program Jampersal ini dan kita juga sudah melakukan sosialisasi terhadap klinik bersalin yang ada di daerah kita,” jelas dr Saleh. (wan/ara)

Baca Juga :  Pujakesuma Di Padangsidimpuan dan Tapsel Ajak Warga Sukseskan Program Pemerintah

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*