Bingung buat password super kuat di akun sosmed? Ini triknya!

Sekarang banyak pengguna jejaring sosial yang mengeluhkan akun mereka dibajak oleh orang lain. Kasus-kasus seperti ini kerap terjadi akibat penggunaan password yang lemah. Tetapi ada beberapa ‘ilmu rahasia’ yang bisa Anda pelajari untuk membuat sebuah password anti bajak!

Perlu diketahui, bila menurut penelitian dari State of Net bila mayoritas pengguna jejaring sosial atau internet menggunakan pola password yang sama, yakni sebuah kata yang didahului oleh huruf kapital dan diikuti oleh deretan nama, misalnya ‘Dulith57’ atau ‘Abugmar64’. Apakah password Anda juga mirip dengan itu?

Jika iya, sebaiknya Anda mulai memikirkan sebuah password baru untuk menggantinya. Namun jangan khawatir karena ada beberapa trik-trik yang bisa dilakukan untuk membuat password Anda semakin kuat dan tidak dapat dengan mudah diprediksi oleh orang lain.

Trik pertama dalam membuat sebuah password anti bajak adalah memulai password dengan huruf kecil kemudian langsung diikuti oleh huruf besar. Akan lebih baik bila Anda menambahkan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil di dalamnya, contohnya ‘xHiBite’.

Trik kedua adalah menggunakan kata yang tidak mempunyai arti apa-apa di password Anda dan menambahkan dua atau tiga huruf setelahnya, misalnya ‘CrONG’ dan ‘xch’. Hal ini selain dapat meningkatkan kekuatan password juga membantu Anda memenuhi jumlah huruf yang disyaratkan oleh sebuah akun, mengingat beberapa akun mewajibkan penggunaan 6-8 huruf untuk password.

Baca Juga :  Inilah Foto yang Paling Banyak di 'tag'

Trik ketiga adalah menambahkan angka pada password Anda. Nah, di sini Anda dapat menempatkan empat buah angka yang posisinya dipisah, misalnya dua di bagian depan dan dua lagi di bagian belakang password. Ini bisa membuat password Anda berbeda dari pola password yang sudah terlanjur ‘pasaran’ di luar sana, misalnya ’21xHiBite01′.

Trik terakhir berhubungan dengan karakter khusus yang bisa dimasukkan pada password. Jika situs tersebut memungkinkan Anda untuk memasukkan karakter khusus seperti ‘!’, sebaiknya Anda menghindari meletakkan tanda tersebut di akhir password karena dapat meningkatkan keberhasilan saat ditebak.

Jadi, Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan karakter khusus itu di bagian tengah dari password, misalnya ’01Hn!YtU90′.

Sebenarnya, seberapa pun kuat password yang Anda buat, masih tidak akan menutup kemungkinan para hacker mampu menembusnya. Namun, dengan mengikuti trik-trik di atas, setidaknya peluang para hacker atau tangan-tangan jahil lainnya untuk membajak akun Anda semakin kecil. Selamat mencoba!

/Merdeka.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*