BNN: Pecandu Narkoba di Sumut 600.000 Orang

Medan – Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara mencatat jumlah pecandu narkoba di daerah itu mencapai sekitar 600 ribu orang.

Dalam sosialisasi Kader Penyuluh Antinarkoba di Lingkungan Swasta di Medan, Rabu (3/12), Kabid Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Tuangkus Harianja mengatakan, jumlah itu menempatkan Sumut sebagai peringkat ketiga nasional dalam praktik peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Jika dilihat dari teori penyebaran, kemungkinan jumlah pecandu di Sumut tersebut akan semakin bertambah karena pengguna narkoba yang ada akan mencari teman untuk mengonsumsi zat terlarang itu.

“Seperti teori MLM, pecandu pasti akan mencari korban lain untuk menemaninya mengonsumsi narkoba,” katanya.

Menurut dia, perkiraan itu semakin kuat jika dilihat dari statistik mengenai penambahan jumlah pecandu narkoba di Indonesia setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari BNN RI, jumlah pecandu narkoba tersebut sekitar 3,3 juta orang pada 2008 dan naik menjadi 3,8 juta orang pada 2011.

Sedangkan pada 2013 jumlahnya telah mencapai 4,58 juta orang dan diperkirakan akan bertambah hingga akhir tahun 2014.

Meski penindakan terus dilakukan pihak kepolisian, tetapi praktik peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba tetap tidak berkurang.

Karena itu, BNN selalu meingkatkan upaya pencegahan sebagai salah satu upaya yang dinilai efektif untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Penulis: /YUD

Baca Juga :  Lagi.....! Jalinsum Aek Latong Macet 14 Jam

Sumber:Antara

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*