BNPB: 10.502 Hektare Lahan Riau Terbakar

(Antara/fb anggoro) RIAU MASIH TERBAKAR: Sejumlah petugas Manggala Agni Kemenhut memadamkan kebakaran di Kabupaten Bengkalis, Riau, Selasa (4/3). Hingga kini kebakaran lahan dan hutan di Riau belum bisa ditanggulangi optimal akibat cuaca kering yang mengakibatkan kebakaran terus meluas.

Pekanbaru, (Analisa). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat seluas 10.502 hektare lahan di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau terbakar dalam empat pekan terakhir.

“Luas lahan yang terbakar paling luas masih di Kabupaten Bengkalis yaitu sekitar 4.518 hektare,” kata Komandan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap yang juga Danrem 031/WB, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto kepada pers di Pekanbaru, Selasa.

Kemudian, kata dia, di Kabupaten Kepulauan Meranti ada sedikitnya 3.498 hektare lahan terbakar, dan di Siak 988 hektare lahan hangus.

Disusul dengan Kota Dumai 702 hektare, Pelalawan 164 hektare, Kampar 159 hektare, Indragiri Hulu 137 hektare dan Rokan Hilir seluas 112 hektare lahan terbakar.

“Sehingga dengan demikian, luas lahan yang hangus terbakar di Riau sudah sebanyak 10.502 hektare,” kata Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto.

Jumlah ini menurut data BNPB jauh meningkat dibandingkan dengan sehari lalu, dimana di Riau luas lahan terbakar masih sekitar 8.090 hektare.

Dimana saat itu, di Kabupaten Bengkalis ada seluas 3.538 hektare, Meranti 2.653 hektare, Siak 818 hektare, dan Kota Dumai sekitar 449 hektare lahan terbakar.

Baca Juga :  Semua Jasad Korban AirAsia QZ8501 Akan Dibawa ke RS Surabaya

Kemudian di Kabupaten Rokan Hilir masih seluas 150 hektare, Indragiri Hulu 137 hektare, dan Pelalawan 176 hektare, serta Kabupaten Indragiri Hilir 19 hektare lahan terbakar.

“Sangat dimungkinkan kebakaran lahan terus meluas, makanya kemudian diupayakan pemadaman lewat udara dan darat,” katanya.

Gubernur Riau Annas Maamun juga berencana membentuk tim kebakaran lahan dan hutan di tiap desa khususnya yang berada di zona bahaya.

Menurut dia, upaya itu akan lebih baik untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Riau. “Sebelum apinya membesar, maka tim ini yang akan padamkan,” katanya. (Ant)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*