Bocah 5 Tahun, Lulus Ujian Spesialis Microsoft

Ayan Qureshi sudah mengenal komputer sejak berusia tiga tahun.

LONDON, Seorang bocah berusia lima tahun menjadi spesialis komputer termuda di dunia setelah lulus dalam ujian Microsft Windows. Ayan Qureshi, nama bocah itu, baru saja masuk sekolah dasar namun dia lulus ujian yang digelar di Universitas Birmingham City, Inggris dan kini menjadi seorang spesialis Microsoft bersertifikat.

Dengan usia yang baru memasuki 5 tahun 11 bulan, Ayan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Mehroz Yawar asal Pakistan yang lulus ujian serupa dalam usia enam tahun.

Asim Qureshi (43), ayah Ayan, memperkenalkan komputer saat putranya itu baru berusia tiga tahun. Tak lama kemudian Asim menyadari bahwa putranya memiliki ketertarikan alami terhadap teknologi.

Ayahnya yang bekerja sebagai konsultan TI itu kemudian membangun sebuah laboratorium komputer untuk putranya di kediaman mereka di kota Coventry, Inggris. Asim juga mempersiapkan putranya untuk ikut ujian Microsoft yang dikenal sangat sulit itu.

Setelah lima bulan mempersiapkan diri, Ayan kemudian mengikuti ujian ‘Supporting Windows 8.1’ yang diikuti para profesional yang tentunya berusia dewasa. Dalam ujian yang digelar pada September lalu itu, Ayan berhasil menyelesaikan ujiannya lebih cepat dari waktu yang ditentukan yaitu dua jam.

“Kami sangat bangga kepada dia. Dia berencana ikut ujian lanjutan di masa depan namun kini dia harus berkonsentrasi pada sekolahnya,” ujar Asim.

Baca Juga :  NASA Rakit Pesawat 5 Kali Kecepatan Suara

Asim menambahkan, sejak diperkenalkan dengan komputer dan terlihat sangat tertarik, dia langsung menjelaskan soal perangkat keras dan lunak serta mengajari Ayan cara meng-install program komputer.

“Saya melihat apapun yang saya terangkan, dia bisa mengingatnya. Jadi saya membangun sebuah laboratorium komputer di rumah kami dan dia sangat menyukainya,” tambah Asim.

Ayan lahir di Lahore, Pakistan namun ayahnya ayah dan ibunya yang adalah seorang dokter pindah ke Inggris pada 2009. Meski lulus ujian, Ayan tentu tak diperkenankan bekerja dan dia harus bersabar selama delapan tahun sebelum bisa menggunakan ilmunya untuk bekerja.

/KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*