Bocorkan Rahasia, Mantan Pegawai Microsoft Ditahan

KOMPAS.com – Seorang mantan pegawai Microsoft bernama Alex Kibkalo ditahan pihak kepolisian hari Rabu (19/3/2014) kemarin atas tuduhan membocorkan rahasia perusahaan terkait sistem operasi Windows.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, Kibkalo yang pernah bekerja di Microsoft sebagai arsitek senior di Microsoft dituding mengkopi versi beta dari sistem operasi Windows 8 yang bersifat rahasia dan menyalurkannya ke seorang blogger teknologi di Perancis secara ilegal.

Tampilan Windows 8.1 update 1

Dalam berkas yang diajukan ke pengadilan Washington, Microsoft menyebutkan bahwa software yang dicuri oleh Kibkalo mencakup “versi pra-rilis dari update untuk Windows 8 RT dan perangkat ARM, berikut Microsoft Activation Server Software Development Kit”. Yang disebut terakhir merupakan software anti pembajakan.

Adapun blogger Perancis yang tidak disebut namanya itu dikenal di kalangan blogger Microsoft sebagai orang yang kerap kali membocorkan screenshot sistem operasi Windows yang belum resmi dirilis ke pasaran.

Sang blogger Perancis juga mempublikasikan informasi rahasia yang diperoleh dari Microsoft di situs web dan akun Twitter miliknya.

Kibkalo sendiri menghabiskan waktu selama tujuh tahun bekerja di Microsoft. Sebelum ditangkap, Kibkalo bekerja sebagai direktur manajemen produk di 5nine Software. Ia disinyalir termotivasi membocorkan software rahasia setelah dinilai berkinerja buruk oleh perusahaan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Gairah Baru di Google

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*