Booting Laptop Bakal Super Cepat

REUTERS/Aly Song

Komputer Anda terasa lamban saat booting? Coba buang hard drive lama Anda. Ganti dengan advanced flash memory. Hasilnya, dijamin ngacir.

Ini sudah dibuktikan oleh MacBook Air buatan Apple. Untuk booting, laptop tipis ini hanya butuh waktu beberapa detik saja.

Format memori tersebut, yang disebut solid-state drives atau SSD, tak lama lagi dipercaya bakal menjadi standar bagi komputer desktop di rumah maupun perkantoran.

Tingginya penggunaan smartphone membuat permintaan solid-state drives terus meningkat. Tapi sayang harganya masih mahal.

Solid-state drives memiliki banyak kelebihan dibandingkan hard drive konvensional, yang masih mengandalkan cara kerja mekanik. Sebab, solid-state drives terbuat dari flash memory chips.

Banyak pengamat memprediksi harga solid-state drives bakal terus menurun seiiring akan dibuat secara massal oleh raksasa elektronik seperti Samsung, Toshiba, dan SanDisk. Pada 2012, semua laptop dan PC diyakini sudah memakai solid-state drives.

Tanda-tanda solid-state drives bakal dibanderol murah dalam waktu dekta sudah terlihat. Intel, misalnya, mulai memangkas harganya dari US$ 225 menjadi tinggal US$ 199 untuk solid-state drives berkapasitas 80 gigabyte. (tempointeraktif.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*