BPBD Palas Sosialisasikan Kesiapsiagaan Bencana

PEMAPARAN Trigana Barus dari BPBD Provinsi Sumut menyampaikan pemaparan materinya sebagai narasumber pada kegiatan Sosialisasikan Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana yang digelar BPBD Palas. (medanbisnis/maulana syafii)

Palas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Palas, menggelar sosialisasi pencegahan dan kesiapsiagaan bencana tahun 2015. “Kegiatan ini diikuti 50 peserta, terdiri dari unsur BPPD Palas, Kantor Kesbangpol, Satpol PP, unsur Kwacab Palas dan perwakilan masyarakat dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Barumun, Ulu Barumun dan Kecamatan Sosopan,” kata Kepala BPBD Palas, M. Irwan Baginda, didampingi Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan Ali Aceh dan Kasubbid Kesiapsiagaan Irsan Soleh Lubis kepada MedanBisnis, Rabu (18/11).

“Kegiatannya berlangsung selama dua hari, hari ini pemaparan materi oleh 3 orang narasumber dari BPBD Provinsi Sumut bertempat Aula MAN Sibuhuan dan besok, Kamis (19/11), dilakukan simulasi penggunaan peralatan kebencanaan bagi para peserta di Lapangan Eks MTQ Kecamatan Ulu Barumun,” tambahnya.

Ditambahkan juga, dalam simulasi peserta dibekali tentang penggunaan tenda darurat saat bencana terjadi, simulasi penggunaan alat penyulingan air bersih, yang digunakan pada saat terjadi bencana banjir.

“Saat ini, kita tengah berada di musim penghujan, makanya kita antisipasi sedini mungkin dan waspadai dengan Kesiapsiagaan saat bencana terjadi,” katanya.

Sementara, Wabup Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu, usai membuka kegiatan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dinilai positif dan upaya membangun sikap, mencegah itu lebih baik dan bagus daripada menanggulangi.

Baca Juga :  Kasus Dugaan Korupsi di Dinkessos Palas

“Perlu kita bangun sikap di tengah masyarakat agar tidak membuang sampah di aliran sungai dan kali, yang dapat menyebabkan aliran air tersumbat hingga meluap dan mengakibatkan terjadinya banjir,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan agar BPBD Palas dapat membuat perencanaan tentang perda penanggulangan bencana sebagai payung hukum dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Palas, tutupnya.

Sebagai nara sumber dari BPBD Provinsi Sumut, antara lain, Daniel Dachi dan Trigana Barus. Dia menyampaikan materi tentang peran masyarakat pada tanggap darurat. (maulana syafii)


MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*