BPP – KB Palas Sosialisasikan PIK untuk Remaja

Syafrida Lubis dari Bkkbn Sumatera Utara memaparkan tentang Perilaku Kenakalan Remaja kepada peserta.

PADANG LAWAS, Agar remaja di Kabupeten Padang Lawas (Palas) terhindar dari pengaruh negatif, terutama remaja dilingkungan sekolah, Badan Penyuluh Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP KB) Palas menggelar sosialisasi Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja, Rabu (29/5/2015) di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan

Kegiatan dengan thema mewujudkan tercapainya peningkatan kualitas remaja dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang tersebut resmi dibuka oleh Wakil Bupati Palas drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht dengan diikuti 60an peserta dari tingkat SLTA kelas II dan III se Palas.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan, pelajar-pelajar di tingkat SLTP dan SMA sangat rentan dengan pengaruh negatif. Sehingga dinilai perlu mendapat arahan dan sosialisasi dari program PIK KRR. “Pengaruh negatif itu sangat rentan mengarah pada anak di usia 14 tahun hinga remaja 25 tahun. Dengan program ini, remaja dapat mengatahui sejak dini, dampak risiko dalam perencanaan kehidupan,” ujar Wabup

Paparan narasumber Syafrida Lubis dari BKKBN Sumatera Utara memaparkan tentang Perilaku Kenakalan Remaja saat ini. Menurutnya, PIK Remaja merupakan wadah yang baik bagi remaja untuk memberikan konseling kepada remaja seusianya. Konseling yang diberikan PIK Remaja tersebut tentunya tentang kehidupan berkeluarga kedepan untuk menuju kehidupan yang sejahtera.

Baca Juga :  Aek Latong dan Batu Jomba Tak Macet Lagi

Tidak hanya itu, PIK Remaja tersebut dituntut mampu memberikan konseling tentang berbagai pengaruh bahaya narkotika, pergaulan bebas dan lainnya yang mengancam masa depan remaja. “Konseling ini berawal dari lingkungan sekolah itu sendiri hingga ke kehidupan remaja diluar lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Kepala BPP KB Palas Hj. Meilinda Sormin melalui Kabid. Keluarga Berencana Kab. Palas Dra. Maryam Dalimunte menjelaskan, hal ini bertujuan agar para remaja terutama pelajar memahami tentang bahaya narkotika, pergaulan bebas dan efek negatif lainnya yang mengancam masa depan remaja.

Ia juga menegaskan, kepada setiap sekolah yang ada di Palas agar bisa membentuk Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan berperan aktif. “Sudah seharusnya setiap sekolah setingkat SMA membentuk PIK Remaja dan berperan aktif dalam memberikan dampak positif kepada seluruh pelajar yang ada disekolah masing-masing”, ujar Maryam

Selain peserta, sosialisasi ini juga melibatkan langsung guru pembina dari setiap sekolah SLTA se-Kabupaten Palas, serta undangan.


Edi-email

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*