Brokoli Bisa Buat Alternatif Obat Asma

MANFAAT brokoli bagi kesehatan mungkin sudah banyak yang tahu, tapi mengenal kandungan gizi brokoli secara mendalam, mungkin tidak banyak yang tahu.

Brokoli adalah sumber yang sangat kaya nutrisi nabati, dan yang membantu dalam melindungi dari kanker prostat dan risiko stroke. Brokoli adalah sayuran yang dimanfaatkan bunganya, bunga brokoli berwarna hijau memiliki kandungan nutrisi penting dan unik. Brokoli (Brassica oleracea) memiliki khasiat dalam pencegahan berbagai penyakit, dan merupakan bahan yang baik untuk kesehatan.

Namun kini menurut sebuah penelitian di Melbourne, Australia menemukan manfaat lain dari brokoli. Ya, makan satu atau dua cangkir brokoli kukus setiap hari bisa menjadi pengobatan baru untuk membantu penderita asma.

Hal ini dikarenakan sulforaphane alami dalam brokoli dan sayuran lainnya dapat membantu melindungi terhadap peradangan pernafasan yang dapat menyebabkan asma.

“Di Australia, asma menyerang satu dari sepuluh orang dan terus meningkat,” kata peneliti Nadia Mazarakis, seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (21/7).

Brokoli kaya akan vitamin A dan C, vitamin B6 serta mengandung zat besi, kalsium dan serat makanan. Bagian dari keluarga kubis ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik.

Nadia juga mengatakan bahwa makan sayuran dari keluarga cruciferous, termasuk kale, kubis, kecambah brussels, kembang kol dan bok choy dapat mengurangi dan bahkan membalikkan kerusakan paru-paru.

“Penelitian kami bisa membantu orang-orang tertentu yang resisten terhadap pilihan pengobatan saat ini,” kata Dr. Tom Karagiannis.

Baca Juga :  Kesalahan Besar Saat Anda Diet

Nadia mengatakan bahwa penelitian itu masih dalam tahap percobaan dan bagi penderita asma disarankan untuk tetap mengikuti petunjuk dokter pribadi mereka.

Kale sangat populer dinilai mengandung kualitas gizi yang sangat tinggi seperti sangat kaya akan vitamin A dan C, K, kalsium, zat besi dan beta karoten, serta kaya akan serat, rendah kalori dan juga mengandung antioksidan.(fny/jpnn)

JPNN.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*