Bromo Meletus, Warga Tidak Dievakuasi

Meletusnya Gunung Bromo petang tadi tidak lantas membuat warga panik. Hingga kini, warga yang tinggal berdekatan dengan Bromo masih berada di rumahnya.

“Warga tak ada yang panik. Kami juga tidak melakukan evakuasi. Seluruh tim sudah siaga di Kawah View Hotel,” ujar Ketua Tim Tanggap Darurat Bromo yang juga Kapolres Probolinggo AKBP Yudikar saat dikonfirmasi, Jumat hari ini.

Kendati demikian, pihaknya sudah mensterilkan radius tiga kilometer dari Gunung eksotis tersebut. “Sudah steril, tak ada warga yang tinggal di radius tiga kilometer,” tandas Yudikar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gunung Bromo yang belakangan ini aktivitasnya meninggi akhirnya mengeluarkan api. Sekira pukul 17.00 WIB tadi, terjadi letusan kecil di gunung tereksotik di Pulau Jawa ini.

“Letusan kecil terjadi tadi sore. Saat ini erupsi yang keluar berupa api,” ujar petugas Pos Pantau Bromo, Ahmad Subhan, saat dikonfirmasi okezone, Jumat (26/11/2010).

Subhan menambahkan, saat ini aktivitas Gunung Bromo semakin meninggi, terlebih sejak siang tadi Bromo diguncang gempa vulkanik sebanyak 12 kali.

“Tremor terkecil tiga millimeter dan terbesar hingga 12 milimeter. Namun, radius aman tetap tiga kilometer. Kami masih terus memantau aktivitas Bromo,” kata Subhan. (okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  KPK Selamatkan Uang Negara Rp248 T

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*