Buat KTP Baru Masih Diberi yang Kertas, Apa Kabar E-KTP?

JAKARTA, Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk yang dilayani oleh kelurahan masih menggunakan sistem biasa. Apa kabar KTP elektronik atau e-KTP?

Hal ini bisa terlihat salah satunya di Kelurahan Kebon Pala, Jakarta Timur. Pihak kelurahan masih mengeluarkan KTP dengan sistem kertas, bukan KTP elektronik atau e-KTP.

“Kelurahan hanya mengeluarkan KTP biasa karena kalau e-KTP itu yang mengeluarkan Kementerian Dalam Negeri, bukan kelurahan. Tapi, seluruh informasi kita rekam dan kita kirim ke sana. Nanti begitu e-KTP sudah dikeluarkan, KTP yang lama kita tarik dan diganti,” kata Kasatlak Kependudukan Kelurahan Kebon Pala, Tri Suhaerni, di kantornya, Senin (18/8/2014).

Pembuatan KTP, tutur Tri, masih menggunakan sistem lama. Warga yang hendak membuat KTP baru harus menginjak usia 17 tahun. Mereka harus menyertakan berkas yang berisi lampiran keterangan RT dan RW serta kartu keluarga.

Sementara bila ada warga yang datang dari desa untuk berpindah ke wilayahnya, maka perlu menyertakan surat keterangan dari desa hingga kabupaten, surat tanda catatan kepolisian, surat menikah bila sudah menikah, dan lampiran surat keterangan dari perusahaan bila telah bekerja di Jakarta. Nantinya, kata Tri, KTP tersebut akan diurus hingga ke tingkat kecamatan dan wali kota.

“Yang mengeluarkan KTP dia sebagai pendatang dari Dinas Kependudukan DKI Jakarta,” ujarnya.

Tri mengatakan, proses pembuatan KTP memakan waktu selama satu hari. Setelah menyertakan berkas, pemohon hanya tinggal verifikasi untuk kemudian melakukan foto.

Baca Juga :  2 Dugaan Korupsi Proyek e-KTP Versi ICW

/KOMPAS.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*