BUMD Tapanuli Selatan Berencana Ekspansi ke Kopi

Pihak BUMD saat mengolah lahan agar produktif (Antarasumut/Kodir)
Pihak BUMD saat mengolah lahan agar produktif (Antarasumut/Kodir)

Sesudah sukses menanam ubi kayu varietas Adira, BUMD Tapanuli Selatan kini berencana ekspansi ketanaman komoditi lain.

“Kita berencana ekspansi kopi di Sipirok,” istilah Direktur utama Badan perjuangan Milik wilayah Hamdan Nasution, dihubungi media via selular, Senin.

Ekspansi ke kopi bukan berarti meninggalkan ubi, bahkan perluasan ubi kayu sebagai bahan baku tapioka terus dipikirkan.

“ditinjau asal potensi yang terdapat, ekspansi dan percepatan produksi kopi Sipirok jua menjanjikan,” pungkasnya.

Selain itu badan perjuangan plat merah itu telah memikirkan bagaimana pengembangan jagung pada Tapanuli Selatan.

“buat jagung kita telah buka akses buat bisa kerjasama dengan pihak ketiga, kini kita tinggal jajaki potensi dan luasan tanahnya,” sebut Hamdan.

Khusus tumbuhan jagung sejalan upaya spesifik pengembangan keliru satu komoditi unggulan program nasional Pajale (padi, jagung serta kedelai).

Percepatan produksi kopi, BUMD mempunyai acara kebutuhan teknologi mirip mesin huller, ayak atau sortir kopi, roasting, grinding, continous sealer bungkus, serta lain-lain.

“aku optimis bila dilengkapi alat-indera mesin serta lainnya itu, percepatan produksi kopi Sipirok yang pangsa pasarnya cukup diminati bakal bisa terpenuhi,” jelas Hamdan.

Dibenak BUMD selain mampu mandiri 2017 tetap konsisten bagaimana menghidupkan, mengembangkan huma huma tak kurang produktif menjadi bernilai irit.

“Selain itu tujuan utama kita bagaimana cara merubah mengajak pola pikir sekaligus menaikkan kesejahteraan rakyat petani pada Tapanuli Selatan,” ujar Hamdan.

Baca Juga :  Pertandingan Jelajah Alam di Sipirok

Apalagi mengingat 85 % penduduk masyarakat Tapanuli Selatan bergantung hidup dari huma-huma pertanian, serta perkebunan lainnya.

Sejalan visi misi Bupati H.Syahrul M.Pasaribu- membuahkan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas serta sejahtera serta menjadi insan pembangun.

Sumber: www.antarasumut.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*