Bungkam Argentina, Jerman Juara Piala Dunia 2014

Jerman akhirnya keluar sebagai juara Piala Dunia 2014 usai menundukan Argentina 1-0 di final di Estadio Maracana Rio de Janeiro, Senin 14 Juli 2014. Butuh waktu 120 menit untuk memastikan kemenangan.

Meski mendominasi penguasaan bola, Jerman tampak kesulitan menembus pertahanan Argentina. Umpan lambung Philipp Lahm di menit 13 yang mengarah Miroslav Klose di depan gawang masih mampu dihalau bek Argentina.

Kroos sempat melakukan blunder saat membuang bola ke area pertahanan sendiri. Dan di sana ada Gonzalo Higuain yang tidak terjaga dan langsung menendang keras bola ke gawang. Sayang, bola masih melebar.

Permainan Argentina yang mengandalkan serangan balik cepat cukup efektif di pertandingan ini. Menit 30, Argentina menjebol gawang Jerman melalui gok Higuain. Namun wasit meganulir gol karena dianggap offside.

Lima menit terakhir babak pertama, Jerman sedikitnya memiliki tiga peluang. Lewat dua sepakan Schurrle dan tandukan Benedikt Höwedes. Tapi belum membuahkan hasi. Hingga turun minum, skor masih imbang 0-0.

Memulai babak kedua, Argentina langsung menggebrak lewat sepakan keras kaki kiri Lionel Messi di menit 47 usai menerima umpan Sergio Aguero. Tapi bola masih melebar ke sisi kanan gawang Jerman.

Menit 57, Higuain sempat terkapar setelah berbenturan dengan Manuel Neuer dalam perebutan bola. Pertahanan Jerman benar-benar diuji oleh serangan balik cepat yang dilancarkan Messi dan kawan-kawan.

Baca Juga :  Perkara Dugaan Korupsi Dana TPAPD Tapsel Tahun 2005 - Sidang Rahudman, Hakim dan Jaksa Bersitegang

Permainan keras juga terjadi. Dua kartu kuning dikeluarkan wasit untuk dua pemain Argentina, Javier Maschernao dan Aguero. Sebelumnya di babak pertama,  Jerman juga mendapat dua kartu kuning.

Meski kedua tim saling berbalas serangan, belum ada gol tercipta hingga laga usai. Skor 0-0 hingga 90 menit. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, Jerman mampu menciptakan sejumlah peluang. Namun penyelesaian akhir yang buruk, membuat upaya mereka masih bisa dimentahkan kiper Argentina Sergio Romero.

Argentina sendiri memiliki peluang emas di menit 97. Rodrigo Palacio tidak terkawal dan coba melambungkan bola untuk melewati kiper Jerman Manuel Neuer yang bergerak maju. Tapi bola masih melebar ke kiri gawang.

Jerman akhirnya bisa memecah kebuntuan di babak kedua extra time. Tepatnya di menit 113, Andre Schurrle melepas umpan lambung yang mampu dikontrol Mario Goetze dan melepas sepakan yang gagal dihalau Romero.

Skor 1-0 bertahan hingga usai. Jerman juara Piala Dunia 2014.

Susunan Pemain:
Jerman: Manuel Neuer, Benedikt Höwedes, Mats Hummels, Philipp Lahm, Jérome Boateng, Cristoph Kramer (Andre Schurrle, 32′), Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mesut Özil (Per Mertesacker, 115′), Miroslav Klose (Mario Goetze, 87′), Thomas Müller

Argentina: Sergio Romero, Ezequiel Garay, Pablo Zabaleta, Martín Demichelis, Marcos Rojo, Lucas Biglia, Enzo Pérez (Fernando Gago, 86′), Lionel Messi, Javier Mascherano, Ezequiel Lavezzi (Sergio Aguero, 45′), Gonzalo Higuaín (Rodrigo Palacio, 78′)

Baca Juga :  KPU Sidimpuan Nyatakan DPT Bersih, Panwaslu Buktikan Bermasalah

/VIVAbola –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*