Bupati Madina Dinilai Tak Taat Aturan

PANYABUNGAN – Bupati Mandailing Natal, HM Hidayat Batubara, dinilai kurang memahami aturan dalam pemberhentian pelaksana tugas Sekda Madina, Gozali Pulungan.

Demikian disampaikan Ketua Jaringan Aktifis Mahasiswa Sumatera Utara (JAMSU), Iswadi Batubara, di Panyabungan. Menurutnya, tindakan yang dilakukan Bupati Madina itu terkesan sentimen dan alasan yang dicari-cari.

Dijelaskan, walaupun pemberhentian Plt Sekda sifatnya untuk kepentingan volume kerja di dinas, semestinya tetap mengacu pada aturan hukum yang ada, dan bukan main ” tabrak ” begitu saja.

Menurut Iswadi, seharusnya pemberhentian Plt Sekda Madina harus ada surat keputusan dari Gubernur, dan bukan bupati.

Plt Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Madina, Hamid Lubis, yang dikonfirmasi via selular mengatakan pemberhentian Plt Sekda Madina, Gozali Pulungan, telah sesuai aturan.

Karena ujar Hamid, Gozali Pulungan merupakan pejabat pelaksana tugas berdasarkan surat bupati. Tapi, kalau seandainya pajabat defenitif memang harus melalui persetujuan gubernur.

Berdasarkan surat BKD Nomor: 800/980/BKD/2011, tanggal 28 Juni 2011, Bupati Madina, Hidayat Batubara, menandatangani pemberitahuan pemberhentian Plt Sekda Madina, Gozali Pulungan, dengan alasan kepentingan dinas dan volume kerja yang pada di Dinas Kehutanan Dan Perkebunan.

Dengan demikian, penandatanganan pemberhetian Plt Sekda Madina bersaman dengan tanggal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Madina, Hidayat Batubara-Dahlan Hasan Nasution.

Gozali Pulungan, selama ini selain menjabat Plt Sekda, juga  Kadis Kehutanan dan Perkebunan Madina berdasarkan SK Bupati Nomor: 821.2/476/K/2010, tanggal 26 Juli 2010.

Baca Juga :  Tak Digaji, Kepala SMA Plus Madina Mundur

Terkait pengangkatannya sebagai pelaksana tugas Sekda Madina menggantikan Drs Azwar Indra Nasution, berdasarkan surat perintah yang ditandatangani Gubernur Sumatera Utara, Syamsul Arifin, SE, Nomor: 800/906/2010, tanggal 23 Maret 2010, dan surat perintah tugas (SPT) Bupati Madina Nomor: 094/076.a/SPT/2010, tanggal 8 Maret 2010.

Isu yang beredar di lapangan, pemberhentian Plt Sekda Madina, Gozali Pulungan erat kaitannya dengan penentuan jadwal pelantikan Bupati Madina Periode 2011-2016.

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*