Bupati Madina: Pramuka Ciptakan Generasi yang Miliki Rasa Patriotisme

Dalam pembinaan anggota Pramuka harus mampu menciptakan generasi muda yang berkepribadian luhur, dan patriotisme, rasa percaya diri dan solidaritas antara sesama.

Disebutkan, peran Pramuka bertujuan untuk membentuk generasi yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, serta mencegah terjadinya hal-hal yang negatif di kalangan generasi muda.

Demikian disampaikan Pj. Bupati Mandailing Natal (Madina) Ir Asfan Sofian Batu Bara, MM pada acara pembuakaan latihan Pramuka Saka Wira Kartika gelombang ke II tahun anggaran 2010 Kodim 0212/TS tingkat Kabupaten Madina Rabu (27/10), di lapangan upacara Bumi Perkemahan Saka Wira Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.

Acara ini berlangsung selama 2 hari dipusatkan di Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, dihadiri oleh Dandim 0212/TS Letkol Inf Edi Hartono, Kasdim 0212/TS Mayor Kav Sudrajat Dirgahayu, Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal As Imran Khaitamy berserta unsur Muspida lainnya.

Pj Bupati Madina Asfan Sofyan mengatakan, diketahui gerakan kepanduan telah ada di bumi pertiwi ini sejak masa penjajahan Belanda, dengan berbagai nama kelompok baik berdasarkan etnik maupun paham keagamaan, sehingga terbit keputusan Presiden No 28 tahun 1961.

Dikatakan, saat ini persatuan dan kesatuan atau rasa nasionalisme relatif berada pada titik yang rawan. Ini merupakan suatu pertanda bahwa ikatan seluruh elemen bangsa harus kembali direkatkan.

“Tugas Pramuka di sini adalah berperan untuk melahirkan generasi yang bertanggung jawab pada masa depan dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Sehingga dapat menjaga sekaligus menciptakan bangsa ini menjadi bangsa yang kokoh dan maju,” katanya.

Baca Juga :  Seratusan Tenda Biru di Jalan By Pass Dibongkar

Bupati juga menyampaikan rasa syukur karena dengan gerakan Pramuka berusaha menggiatkan kembali nilai-nilai luhur. Karena hal ini penting di dalam meningkatkan peran aktif Pramuka di dalam pengembangan masyarakat dan menunjukkan komitmen TNI sebagai fasilitator pemersatu bangsa melalui kegiatan keperamukaan.

Koordinator latihan Kapten Inf Pardamean mengatakan, kegiatan latihan Pramuka Saka Wira Kartika gelombang II Kodim 0212/TS diikuti pelajar SMU sederajat berjumah 285 orang, ditambah pelatih pendukung 62 orang dari Kodim 0212/TS dan pendamping 26 orang.

“Pelaksanaan latihan Pramuka Saka Wira Kartika gelombang II tingkat Kabupaten Mandailing Natal ini sesuai dengan Surat Perintah Danren 023/KS yang bernomor 262/IV/2010 tentang perintah menyelenggarakan keperamukaan di Wilayah Kodim 0212/TS,” katanya.(analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*