Bupati Madina Tinjau Jembatan Naga Juang, Hutabargot dan Rencana TPA

Panyabungan, www.batakpos-online.com

bupati mandailing natal amru daulay sh Bupati Madina Tinjau Jembatan Naga Juang, Hutabargot dan Rencana TPA
Bupati Mandailing Natal Amru Daulay

Bupati Mandailing Natal (Madina) H Amru Daulay, SH meninjau  Jembatan Naga Juang, Jembatan Hutabargot, dan rencana tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat, Selasa (6/4).

Ikut dalam rombongan antara lain Kadis PU dan Pertambangan Ir Abdullah Dalimunthe, Kadis Pendidikan Mussadad Daulay, Kakan Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kholit Nasution, Kabag Humasy Taufik Lubis, SH, dan beberapa orang staf.

Ketika meninjau Jembatan Naga Juang yang menghubungkan Kecamatan Bukit Malintang dan Kecamatan Naga Juang, akibat alam pelat injakan jembatan amblas, abudmen jembatan juga rusak. Karena itu diperlukan pembangunan beronjong untuk mempertahankan abudmen jembatan sepanjang 25 meter. Pembuatan beronjong di pinggir sungai sepanjang 150 meter, dan pelurusan sungai sepanjang 1.500 meter.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, memang ini tidak bisa dihindari karena merupakan kehendak alam di mana Sungai Batang Gadis di bawah jembatan terus menghantam apalagi pada musim penghujan.

Untuk itu dijelaskan Bupati, perlu biaya tidak sedikit untuk memperbaikinya sehingga butuh bantuan. Pemkab Madina akan berupaya untuk memperbaiki jembatan agar tidak roboh.

Sementara itu, di Jembatan Hutabargor yang menghubungkan Kecamatan Panyabungan dan Kecamatan Hutabargot mendesak untuk dilakukan peningkatan jalan ke hotmix. “Masih banyak item–item yang perlu ditambahkan pada jembatan ini. Akan tetapi kita akan terus berupaya agar hotmix bisa segera dibangun,” kata Bupati.

Baca Juga :  Pembangunan Perkantor Bupati Tapsel - Pembukaan Jalan Sepanjang 3 Km Dimulai

Rencana TPA di Desa Barbaran Bupati menjelaskan, meskipun letaknya jauh dari Kota Panyabungan namun itu bagus. “Rencana tempat pembuangan sampah ini saya kira sudah tepat dan itu juga tentunya sudah melalui beberapa tahapan, sudah pasti itu tidak akan mengganggu kesehatan masyarakat,” terang Bupati. wan

Pemkab Madina Tangani Kerusakan Jembatan Rangka Baja

Warta Sumut
WASPADA ONLINE

PANYABUNGAN – Bupati Madina, Amru Daulay, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Pertambangan dan Energi (Pertamben) akan segera menangani  jembatan rusak yang menghubungkan kecamatan Panyabungan Utara dan kecamatan Naga Juang, kabupaten Mandailing Natal.

Jembatan yang plat injak jembatan rangka bajanya amblas ini sangat vital bagi perekonomian warga. Selain itu, diupayakan penanggulangan pengamanan jembatan dengan pelurusan sungai, kemudian membangun bronjong pengaman di beberapa titik.

“Pemkab segera menanggulangi plat injak yang amblas dan pembangunan beronjong, sehingga jembatan dan badan jalan aman dari hantaman banjir Aek Batang Gadis,” katanya, tadi malam.

Sebelumnya, amblasnya plat injak jembatan itu akibat terkikis sungai yang beberapa hari terakhir sering mengalami banjir akibat hujan deras.

Menurut warga, amblasnya plat injak jembatan ini sudah berlangsung beberapa hari, tetapi puncaknya, Minggu ( 4/4) sehingga jembatan tidak bisa dilalui kenderaan. Namun atas kebersamaan masyarakat, hubungan kembali normal,setelah di lokasi yang amblas dibuat  jembatan batang kelapa.

Jembatan rangka baja ini merupakan kebanggaan masyarakat di dua kecamatan, karenanya perlu mendapatkan penanganan serius dari pemerintah.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*