Bupati Paluta Gagas Pendirian PTN

Paluta, Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Bachrum Harahap menggagas dan menargetkan pendirian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2015.

Hal ini untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang maju, cerdas, beradat. Gagasan tersebut diungkapkan Bupati dalam berbagai kesempatan, di antaranya saat sidang paripurna pengesahan P-APBD tahun 2014 di Gedung DPRD Paluta, dan temu Pers di Rumah Dinas baru-baru ini.

Bachrum Harahap yang sudah malang melintang memberikan mata kuliah di IKIP Negeri dan Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan akan berkomitmen penuh dalam upaya pendirian PTN di Paluta, sebab itu adalah tekad dan cita-cita bersama dalam mewujudkan Paluta yang maju, cerdas, beriman, dan beradat.

“Yakin dan percayalah bahwa jika kita bersama-sama berjuang tahun 2015 untuk mendirikan PTN di Paluta ini bisa terwujud,” ujarnya.

Menurutnya, pendirian PTN diperlukan sebuah konsep yang matang dengan memperhatikan prodi yang dinilai cukup pas, sehingga, lulusan dari SMA sederajat di Paluta nantinya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. PTN yang rencananya akan didirikan pada tahun 2015 mendatang nantinya juga setidaknya memiliki lima fakultas.

“Lahan telah kita siapkan di wilayah Batang Onang dan sekitarnya. Setidaknya PTN yang akan didirikan nanti memiliki lima fakultas. Setelah semuanya selesai, mulai dari lokasi dan bangunan maka selanjutnya diajukan ke pemerintah pusat untuk ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sampah Di TPA Sipirok Meluber ke Jalinsum

Terpisah, Penggiat Sosial Tongku Banua Desa Harahap sangat mendukung gagasan pendirian PTN yang telah dicanangkan Bupati Paluta pendiriannya tahun 2015 mendatang. Sebab gagasan untuk mendirikan PTN di Paluta bukan hanya sekali ia dengar langsung dari Bupati Paluta.

Untuk itu dirinya berharap keseriusan Bupati untuk segera dapat merealisasikannya. Keberadaan PTN di Paluta dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang anaknya hendak melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan.

Kemudian, biaya yang harus ditanggung para orang tua relatif lebih ringan dibanding biaya studi ke luar daerah. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Paluta adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Ibukota kabupaten ini adalah Gunung Tua dengan luas wilayah 3.918,05 Km2 yang memiliki wilayah terdiri atas 9 Kecamatan dan 388 Kelurahan/Desa. (ong)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*