Bupati Tapsel Meresmikan Dua SDN di Kecamatan Angkola Sangkunur

Bupati H Syahrul M Pasaribu bersama Ketua DPRD dan Kadis Pendidikan meresmikan SD Negeri 101311.

TAPSEL – Bupati H Syahrul M Pasaribu bersama Kadis Pendidikan Drs M Ikhsan Lubis, Ketua DPRD Tapsel H Rahmat Nasution, Kadis Perkebunan dan Peternakan Hamdan Nasution beserata rombongan, Rabu (2/4) lalu, meresmikan dua SDN di Kecamatan Angkola Sangkunur.

Kedua sekolah dasar negeri itu masing-masing, SDN 101310 di Desa Aek Samatang Menek dan SDN 101311 Desa Pasir Bidang, Kecamatan Angkola Sangkunur. Sekolah-sekolah itu berada di daerah terisolir yang pada umumnya hanya dihuni masyarakat suku Nias atau akrab disebut ono niha.

Menurut tokoh masyarakat Dusun Pasir Bidang, Halawa, sebelum berdirinya sekolah tersebut, anak-anak yang akan bersekolah harus menempuh perjalanan 7 Km menuju SD terdekat di Desa Aek Tarutung. Ia juga meminta Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan membangun akses jalan ke dusun tersebut.

Kadis Pendidikan Drs Mohd Ikhsan Lubis MM mengatakan, SDN 101311 itu sebelumnya merupakan sekolah filial atau kelas jauh dari SDN Aek Tarutung. Saat ini jumlah murid di sekolah itu sebanyak 308 siswa, terdiri dari kelas I hingga kelas 5. Sementara Ruang belajar di sana baru 4 lokal.

Sementara Bupati Syahrul M Pasaribu mengatakan, pemerintah akan segera menambahi ruang belajar di sekolah tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menghibahkan pertapakan sekolah itu seluas 1,5 Ha.

Baca Juga :  Kadishut Tapsel Dikenai Wajib Lapor

“Paling tidak jika ada warga yang bersedia menghibahkan tanahnya, maka Pemkab Tapsel siap membangun sekolah,” lanjutnya.

Usai peresmian SD Negeri 101311 Desa Pasir Bidang, rombongan menuju SDN 101310 Dusun Aek Sabatang Menek, Desa Bukkas. Sekolah ini sebelumnya juga sekolah filial atau berinduk ke SD Negeri di Desa Rianiate. (yza)

Sumber: Metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Dengan Kehadiran Sekolah ini, masyarakat dapat termotivasi dan terbantu dalam menyekolahkan anaknya, dan Pemerintah setempat dapat membantu bukan hanya gedungnya tetapi juga sarana prasarana lainnya seperti pengadaan buku-buku sekolah, Gaji Guru yang lebih baik dan Transportasi yang memadai sehingga desa diwilayah ini akan menghasilkan anak-anak bangsa yang berguna ikut membantu pemerintah membangun saling bergotong royong saat 15-20 tahun yang akan datang.
    Selamat atas kehadiran sekolah yang berangkali sudah lama diharap-harapkan masyarakat ini..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*